Menurunkan Kolesterol Ampuh Secara Alami

Kolesterol atau disebut juga lemak darah adalah penyakit yang banyak kita jumpai, tidak hanya pada orang tua saja justru banyak anak muda terserang penyakit kolestero. Sering mengkonsumsi makan yang banyak mengandung lemak sangat bersiko mengidap kolesterol, lemak yang dapat menyebabkan kolesterol adalah lemak jenuh yang banyak kita jumpai di berbagai makanan seperti daging, mentega, santan, keju, dan lain sebagainya.

Perlu kita ketahui ada 2 jenis kolesterol yaitu LDL dan HDL.

LDL (Low Density Lipoprotein) : Kadar kolesterol ini adalah kadar kolesterol yang merugikan, jika kadar LDL di dalam darah semakin tinggi maka akan menimbulkan plak-plak yang dapat menyebabkan penyumbatan yang terjadi didalam pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung dan stroke.

HDL (High Density Lipoprotein)  : Kadar kolesterol ini adalah yang baik dan di butuhkan tubuh karena berfungsi sebagai konversi vitamin yang larut didalam lemak, jadi jika kadar HDL ini semakin naik maka sangat bagus bagi tubuh. Lantas bagaimana menghilangan LDL ? yuk ketahui buah dan sayuran berikut dapat menurunkan kolesterol.

Menurunkan Kolesterol dengan Buah

  1. Tomat

Tomat dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah dengan cepat. Di dalam buah tomat matang terdapat kandungan senyawa likopen yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah dengan cepat. Untuk lebih optimal lagi sebaiknya mengkonsumsi buah tomat dimasak terlebih dahulu karena buat tomat yang sudah dimasak lebih banyak mengandung likopen.

  1. Alpukat

Di dalam buah alpukat banyak sekali mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, lemak tak jenuh, asam folat, dan asam pantotenat sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu lemak tak jenuh yang ada di pada alpukat sangat baik  sebagai antiksidan yang bermanfaat menjaga rusaknya pembuluh darah akibat tumpukan kolesterol LDL.

  1. Apel

Buah apel adalah salah satu buah yang banyak mengandung khasiat, salah satunya adalah sebagai penurun kolesterol jahat dalam tubuh. Di dalam buah apel terkandung beta glukan yang berkhasiat untuk mengatur dan membantu penyerapan kolesterol bagi tubuh. Selain itu buah apel sangat baik dikonsumsi sebanyak 2 kali sehari bagi penderita kolesterol karena dapat dengan cepat menurunkan kadar LDL dalam darah.

Menurunkan Kolesterol dengan Sayuran

  1. Daun Seledri

Di dalam daun seledri ini dipercaya sangat banyak mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk mengoksidasi kolesterol jahat LDL sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

  1. Kubis

Kubis sangat baik sekali bagi penderita kolesterol tinggi karena di dalam kubis terkandung banyak sekali serat, protein, air, dan lemak yang sangat baik dalam penurunan kadar kolestsrol jahat (LDL) dalam darah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *