Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut, Serta Gusi Anak

Walaupun dengan perawatan terbaik, tentunya setiap orang tua tetap dapat menjumpai berbagai masalah dengan gigi anak. Oleh karena itu, mengetahui cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta gusi anak adalah hal yang wajib diketahui oleh setiap orang tua. Akan tetapi, sebelum Anda mengetahui bagaimana cara-cara itu, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana proses tumbuhnya gigi pada anak Anda. Berikut ini adalah ulasannya.

ketika bayi tumbuh selama 4 bulan, gigi si kecil mulai mengalami pembentukan. Bayi menyerap kalsium dan fosfat dari aliran darah kita. Zat – zat itulah yang “termineralisasi” pada gigi si anak. Pertumbuhan pada hormon dan Vitamin D juga termasuk dalam bagian penting dari proses tersebut. Meskipun gigi susu secara umum tidak muncul di mulut si kecil sampai sekitar umur 6 bulan setelah kelahiran, namun berbagai bagian dari 20 gigi susunya terbentuk sebelum dia lahir. Gigi – gigi susu ini mulai tumbuh sebagai kuncup – kuncup gigi. Dari situlah mahkota – mahkota gigi mulai terbentuk. Gigi – gigi tersebut tumbuh di rahang dalam kantung yang di sebut Folikel. Bila mahkota – mahkota sudah lengkap tumbuh, maka akar gigi si kecil mulai berkembang. Pembentukan akar pada gigi selesai pada saat gigi muncul dan sudah keras seluruhnya.

 

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Sudah cukup jelas mengenai penjelasan gigi pada si kecil yang ada di atas? Maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta gusi anak. Berikut ini adalah cara – caranya.

1.     Hindari Atau Kurangi Makanan Atau Minuman yang Manis – Manis

Memakan maupun meminum yang manis, contohnya permen, tebu, ice cream, kopi, soft drink, teh, coklat, permen, dan lain – lain dapat menyebabkan dan mempercepat pembusukan pada gigi. Oleh karena itu, jangan biasa memberikan anak makanan yang manis – manis, jika Anda ingin anak Anda memiliki gigi yang kuat dan sehat.

2.     Sikat Gigi Rutin

Menyikat gigi secara rutin, minimal 2 kali sehari, yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi anak dengan sangat baik.

Untuk memulainya, Anda bisa mengajarkan si kecil  menyikat gigi ketika giginya sudah mulai tumbuh, selanjutnya ajarkanlah si kecil untuk menyikat giginya sendiri, tetap Anda harus mengawasinya agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, serta membenarkan jika si kecil salah dalam menyikat gigi.

3.        Vitamin C

Perbanyak mengkonsumsi vitamin C. Ini karena, fungsi vitamin tersebut dapat mencegah terjadinya penyakit radang gusi atau perdarahan di gusi. Selain itu, vitamin ini juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya sariawan atau stomatitis pada bibir dan juga langit-langit mulut.

4.     Tambahkan Fluoride

Fungsi dari fluoride sendiri adalah digunakan untuk mencegah gigi berlubang. Selain itu, zat ini juga cukup mudah ditemui, karena hampir di semua pasti gigi mengandung zat tersebut.

5.     Penggunaan Botol Susu

Dengan anda membatasi penggunaan botol susu pada si kecil, maka hal ini sudah cukup untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut si kecil. Ini karena, ketika si kecil menghisap terus-menerus dot bayi, maka susu tadi akan menggenangi  mulut bayi dan apabila hal ini selalu dilakukan, maka kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan gigi pada si kecil.

6.      Kumur

Rajin berkumur dengan menggunakan obat kumur banyak yang mengandung desinfektan yang bertujuan agar plak dan bakteri yang biasa tumbuh di sela gigi menjadi lebih mudah diatasi.

7.     Gunakan Sikat Gigi yang Nyaman

Jika Anda membelikan sikat gigi untuk gigi susu si kecil, sebaiknya menggunakan sikat gigi yang lembut dan halus, akan tetapi harus tetap memiliki gagang yang kuat, agar pada saat si kecil menyikat giginya tidak melukai mulut dan gusi si kecil dan dapat dengan mudah di gerakkan kemana saja. Dan jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali, karena pemakaian sikat gigi terlalu lama akan berpotensi mengumpulkan banyak bakteri pada mulut dan dapat merusak gigi susu si kecil.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta gusi anak. Selain itu, jangan pernah anggap remeh kesehatan gigi dan gusi anak. Banyak orang tua yang tidak pernah membayangkan bahwa masalah gigi dan gusi anak dapat berpengaruh pada perkembangan gigi anak. Maka, sangat penting sebuah perhatian dari orang tua untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi anak, terutama yang masih berusia balita. Sebab, kondisi gigi susu akan menentukan gigi tetap si kecil nantinya.

Baca Juga : Lakukan Cara ini pada Anak Sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *