Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Ampuh Pada Ibu Hamil

Bukan hanya kesakitan saja yang dirasakan pada Ibu hamil, tetapi perubahan bentuk tubuh seperti perut membesar dan membuncit serta stretch mark juga akan di alami Ibu hamil. Namun, stretch mark adalah salah satu  yang mengakibatkan Ibu menjadi khawatir. Stretch mark sendiri adalah garisan pada kulit yang diakibatkan berat badan bertambah dengan cepat sehingga elastisitas kulit rusak.

Stretch mark atau selulit  biasanya berwarna merah atau ungu, tetapi jika tidak ditangani dengan cepat akan berubah warna menjadi abu – abu atau putih. Stretch mark bentuknya tidak beraturan dan memiliki panjang yang  bervariasi. Selain itu, selulit ini rentang sekali terjadi pada Ibu hamil. Kisaran 90% Ibu hamil akan mengalami stretch mark pada bulan ke 6 atau 7, karena pada usia itu, terdapat peregangan kulit pada saat rahim dan dinding perut membesar. Bukan hanya tidak indah saja yang disebabkan karena selulit, melainkan juga terdapat rasa gatal  pada area selulit tersebut.

Lalu apakah guratan tersebut permanen? Pada Ibu hamil guratan bisa memudar dan menghilng pada saat bayi lahir tapi tidak jarang guratan bisa saja sulit hilang. Dan bagaimana cara menghilangkan stretch mark pada Ibu hamil ? Ini dia caranya.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

  1. Pakailah pakaian yang agak longgar, dari bahan katun sehingga menyerap keringat yang keluar berlebihan. Itu membuat Ibu tidak mudah menggaruk kulit yang mengalami stretch mark.
  2. Oleskan krim anti stretch mark sebelum perut Ibu membesar atau sejak awal kehamilan.Tapi untuk ini, perlu pengawasan dari dokter agar tidak berakibat pada si bayi yang ada di dalam kandungan . Sebenarnya mengoleskan krim lebih aman jika bayi sudah lahir.
  3. Selain krim anti stretch mark, Ibu bisa juga menggunakan krim pelembab untuk melembabkan kulit agar tidak kering, sehingga tidak memicu timbulnya stretch mark lebih banyak.
  4. Mengobati dengan cara tradisional atau secara alami. Cara ini akan dibahas lebih lanjut nantinya .
  5. Mengobati dengan cara modern dengan bantuan laser. Laser akan menghilangkan stretch mark tapi ini dilakukan saat si buah hati melahirkan.

Cara Mengobati Stretch Mark Alami:

  1. Putih Telur

Ambil dua telur lalu ambil putihnya saja dan aduk. Setelah itu oleskan menggunakan tangan ke daerah stretch mark. Biarkan kurang lebih 15 menit lalu bersihkan dengan air dan sabun agar bau amis hilang.

  1. Jus lemon

Potong lemon menjadi dua bagian . Ambil daging lemon lalu oleskan ke pada bagian stretch mark dengan menggerakan secara melingkar. Diamkan sekitar 10 menit, setelah itu bilas dengan kain yang telah di celupkan air hangat.

  1. Air Putih

Cukup minum air putih sehari 10 gelas membantu menjaga elatisitas kulit.

  1. Wortel

Hancurkan wortel dengan cara memblender atau memarutnya sehingga halus. Lalu tempelkan          wortel ke daerah stretch mark .

  1. Tomat

Caranya sama dengan wortel, yaitu dihancurkan lalu dibuat masker pada daerah stretch mark.

  1. Kentang

Ambil satu buah kentang dan iris dengan ukuran sedang. Lalu gosokan  irisan kentang ke  bagian yang terdapat stretch mark dan  pastikan air pada kentang mengenai bagian tersebut. Setelah semua irisan digosokan ,diamkan beberapa menit . Lalu bilas dengan air hangat .

  1. Lidah Buaya

Potong lidah buaya menjadi dua. Setelah lendir keluar, oleskan lendir lidah buaya ke bagian stretch mark . Diamkan sampai mengering lalu bilas. Lakukan cara ini setiap hari 2 sampai 3 kali agar selulit cepat hilang.

Itulah  cara menghilangkan stretch mark pada kulit Ibu dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para Ibu yang sedang mengandung agar dapat mengurangi stretch mark atau selulit yang dimilikinya.   baca juga : Cara Atasi Gangguan Lambung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *