Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Baik dan Benar

Pernikahan merupakan hal yang paling ditunggu-tungu oleh seluruh pasangan yang ada di dunia. Banyak sekali orang yang mengatakan, jika menikah merupakan hal yang sangat membahagiakan. Tentunya ketika sudah memasuki dunia pernikahan maka Anda akan menjalani hidup yang berbeda dan pastinya Anda harus melalui hal tersebut bersama pasangan tercinta. Oleh karena itu, ketika seorang pasangan telah memutuskan untuk menikah, maka mereka harus siap menjalani segala sesuatunya dengan rencana yang matang, terutama dalam cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar.

Dalam aspek keuangan keluarga, banyak sekali hal yang harus dirubah, salah satu contoh sederhananya adalah pola pikir. Ketika masih hidup sendiri-sendiri, maka tentunya setiap pasangan juga mengatur keuangan secara pribadi, namun ketika sudah menikah maka ia harus sudah mengganti pola pikir tersebut bahwa uang mereka sekarang ini merupakan milik bersama. Oleh karena itu, ketika sudah menikah, maka janganlah anda berpikir bahwa itu uang pribadi lagi, karena hal tersebut dapat mengacaukan aspek keuangan keluarga kecil Anda. Namun, pastinya anda bersama pasangan anda belum mengetahui mengenai bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik benar.  Maka dari itu, simaklah poin-poin yang ada di bawah ini.

  1. Ketahuilah Rincian Keuangan Keluarga Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengatur keuangan rumah tangga adalah mengetahui terlebih dahulu mengenai berapa banyak uang yang anda miliki dari pendapatan, kemudian uang yang dikeluarkan untuk membayar cicilan atau tagihan, belanja, biaya untuk kesehatan, untuk servis kendaraan, dan lain-lainnya. Ketika anda sudah mengetahui pendapatan serta semua pengeluaran keluarga kecil anda, maka anda dapat menghitung pengeluaran serta mengetahui apakah pendapatan anda dapat mencukupi itu semua ataupun malah menyisakan uang untuk ditabung.

  1. Buat Sebuah Rencana Keuangan.

Setelah anda mengetahui semua rincian dari pengeluaran keluarga anda, maka saatnya membuat sebuah rencana keuangan. Pastikan rencana tersebut berisi kebutuhan bukan keinginan, namun jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan anda sendiri, misalnya saja memasukkan biaya untuk berekreasi. Pastinya anda menginginkan hal tersebut untuk melepas penat setelah melakukan pekerjaan, bukan?. Selain itu. rencana keuangan ini sangat wajib dibuat, karena digunakan sebagai tolak ukur antara pendapatan dengan pengeluaran. Tentunya, anda tidak ingin pengeluaran anda lebih besar dari pendapatan keluarga anda bukan?

  1. Hindari Hutang dan Bedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan.

Banyak sekali keluarga yang memilih untuk menghutang tanpa memperhitungkan terlebih dahulu mengenai manfaat dari barang yang dibelinya tersebut apakah sebuah keinginan atau kebutuhan. Boleh saja anda menghutang, namun pastikan hutang tersebut berfungsi untuk mencukupi kebutuhan keluarga anda bukan sebuah keinginan. Pastikan anda mendahulukan kebutuhan daripada keinginan.

Kegiatan tersebut sangat penting dilakukan, karena dapat digunakan untuk berjaga-jaga jika terdapat sesuatu hal yang tidak diinginkan. Dengan begitu, anda dan keluarga akan lebih merasa nyaman dan aman, serta membuat keuangan keluarga anda jauh lebih stabil.

  1. Tetapkan Tujuan di Masa yang Akan datang dan Lakukan Investasi.

Menetapkan sebuah tujuan atau cita-cita merupakan hal yang wajib dilakukan, karena ini akan mempermudah pengaturan keuangan anda serta dapat mencegah pemborosan. Salah satu contoh tujuan atau cita-cita adalah dengan menetapkan bahwa 5 tahun kedepan sudah harus memiliki uang Rp. 50 Juta sebagai biaya pendidikan anak. Agar tujuan tersebut dapat cepat tercapai, maka lakukan juga investasi. (baca juga : jika ingin hidup romantis)

 

Banyak sekali cara untuk melakukan investasi, seperti membeli emas, membeli tanah ataupun properti, membuat blog yang dipasangi adsense, dan masih banyak yang lainnya. Dengan begitu, keluarga anda juga akan memiliki passive income atau pendapatan pasif.

investasi-properti-Rumah
investasi-properti-Rumah

Itulah cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar. Semoga dengan adanya informasi tersebut, Anda dapat mengatur keuangan keluarga dengan baik dan benar, dan semoga keluarga anda tidak mengalami masalah keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *