Cara Mengatur Keuangan Anak Kost

Menjadi anak kost merupakan pengalaman yang cukup menyenangkan sekaligus melatih diri  menjadi jauh lebih mandiri. Namun, tidak sedikit anak kost yang tidak mampu dalam mengatur keuangan mereka, sehingga sering kali ia kehabisan uang padahal masih pertengahan bulan. Tentunya, ketika hal tersebut terjadi, maka satu-satunya cara adalah dengan hutang kepada temannya. Oleh karena itu, agar Kamu tidak mengalami masalah keuangan ketika menjadi anak kost, maka Kamu harus mengetahui cara mengatur keuangan anak kost. Berikut ini adalah beberapa caranya.

Beberapa Cara Mengatur Keuangan Anak Kost

  1. Buat Daftar Belanja

Dengan menjadi anak kost, berarti Kamu sudah harus siap-siap untuk menanggung segala sesuatunya sendiri. Untuk pertama yang harus Kamu atur adalah daftar belanjaan.

Tidak sedikit anak kost yang masih belum tahu pentingnya mengatur daftar belanja mereka, sehingga dia hanya belanja berdasarkan apa yang dibutuhkannnya saat itu. Padahal hal tersebut cukup membahayakan, karena uang tersebut seharusnya digunakan untuk keperluan yang mendadak saja.

Biasanya daftar belanja anak kost itu terdiri dari perlengkapan mandi, mie instan, biaya untuk internet, pulsa, ongkok kendaraan, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Menabung

Selain lupa bahkan tidak membuat daftar belanja, ternyata tidak sedikit anak kost  yang  lupa bahkan tidak menabung sama sekali. Perlu Kamu ketahui, dengan menabung berarti Kamu sudah menyediakan uang untuk kebutuhan yang amat mendesak.

Untuk memulainya, Kamu bisa menabung receh demi receh. Ingat ada sebuah peribahasa yang mengatakan bahwa “sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”. Tidak perlu ke bank, Kamu bisa menabungnya di celengan yang berbentuk ayam ataupun yang terbuat dari tanah liat.

Perlu Kamu ketahui, pemilihan celengan juga akan menentukan tingkat keberhasilan Kamu menabung. Jika Kamu menggunakan celengan yang terbuat dari tanah liat maka jika Kamu ingin menggunakan uang yang ada didalamnya, maka Kamu harus memecahkannya terlebih dahulu. Sedangkan yang terbuat dari plastik hanya perlu menyobeknya. Perlu Kamu ketahui, memecahkan barang jauh lebih sulit ketimbang menyobek.

  1. Jatah Uang Kamu Tiap Hari

Dengan Kamu menjatah uang Kamu tiap hari, maka Kamu sudah dapat mengatur keuangan dengan baik. Misalkan saja, tiap hari Kamu harus membawa uang 15 ribu, itu sudah termasuk dengan makan siang dan bahan bakar kendaraan Kamu. Akan tetapi, Kamu juga harus menyediakan uang cadangan untuk menanggulangi apabila ada kejadian yang tidak diinginkan, seperti ban bocor. Nominal uang cadangan tersebut cukup 50 ribu saja. Tapi ingat, uang tersebut hanya digunakan jika memang keadaan benar-benar mendesak ya!.

  1. Kurangi Kegiatan yang Tidak Penting

Tidak sedikit anak kost yang senang berfoya-foya untuk hal yang tidak penting, misalnya kumpul hanya untuk mengobrol sesuatu yang tidak jelas. Sebenarnya boleh saja Kamu kumpul dengan teman-teman Kamu untuk melepaskan kepenatan di kamar kost, namun tidak dengan intensitas yang  sering juga. Apalagi jika Kamu kumpulnya di Café, tentunya kegiatan tersebut akan menguras banyak uangmu.

  1. Jadi Freelancer

Tidak sedikit anak kost yang juga sebagai mahasiswa menambah uang bulanannya dengan menjadi freelancer atau pekerja paruh waktu. Biasanya pekerjaan yang diambil adalah sebagai guru les, penulis konten di website, bermain blog, bermain youtube, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana? Apakah Kamu sudah melakukan kelima hal diatas? Jika Kamu belum maka Kamu harus segera melakukannya agar Kamu tidak pernaha mengalami masalah keuangan. Dan satu hal lagi, Kamu harus benar-benar menghindari hutang, karena itu akan semakin menyulitkan keuanganmu.

baca juga : cara mengatur keuangan rumah tangga

Demikianlah informasi mengenai cara mengatur keuangan anak kost. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *