Mengatasi Mata Kering

Hampir semua orang yang bekerja setiap hari di depan layar komputer sering mengalami keluhan pada matanya. Mata akan terasa kering karena produksi air mata semakin sedikit atau produksi air mata  di produksi dengan kualitas yang buruk.

Mata adalah organ yang sangat vital dan sangat rentan, maka dari itu sebaiknya jangan sampai menunggu ada masalah pada mata. Penyebab mata kering diantaranya sebabkan karena mata terkena alergi , sering berada lama di depan layar monitor atau layar tv, terlalu lama bekerja di ruangan yang ber AC dan suhu udara kering. Untuk merawat mata agar tetap sehat sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan atau buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A, karena vitamin A sangat berguna untuk penglihatan. Contoh adalah jus tomat, jus wortel, jus jambu, dan makan yang banyak mengandung vitamin A.

Metode Mengatasi Mata Kering

  1. Istirahatkan Mata

Untuk kegiatan yang sering dilakukan di depan monitor computer atau monitor laptop sebaiknya sering-sering untuk mengistirahatkan mata, sebab mata yang terlalu lama melihat monitor dapat menyebabkan produksi air mata yang sedikit, mata sering lelah dan mata akan terasa kering. Dianjurkan untuk yang bekerja di depan monitor atau bekerja di ruang ber AC sebaiknya mengistirahatkan mata 1,5-2 jam sekali dengan berhanti beraktifitas selama 20-30 menit untuk dapat bekerja kembali.

  1. Relaksasai

Seperti pembahasan di atas, saat kita mengistirahatkan mata sebaiknya kita juga melakukan relaksasi mata banyak cara yang bisa dilakukan misalnya melihat pemandangan bahkan juga dapat juga dengan memijat dibagian mata. Caranya cukup mudah pijat pelan di bagian mata dan dibagian alis  dan rasakan relaksasinya.

  1. Mengompres Mata

Dengan metode mengompres mata dapat efektif untuk mengurangi sekaligus mencegah terjadinya mata kering, karena saat bekerja terlalu lama di depan monitor maka air mata akan dengan cepat menguap dan menyebabkan mata kering dan gatal. Untuk mengatasi dan mencegahnya kompreslah mata dengan air dingin sesering mungkin atau tempelkan irisan mentimun segar ( baca juga : mentimun membersihkan kandung kemih )

  1. Gunakan Kaca Mata Hitam

Saat keluar rumah atau berkendara  usahakan memakai kaca mata hitam yang berfungsi melindungi mata dari sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Ingat jangan mengucek mata pada saat terkena debu itu akan memperparah kondisi mata yang semakin kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *