Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat adalah salah satu hal yang wajar yang dialami oleh semua orang, hampir semua orang pernah mengalami hidung tersumbat. Bagi sebagian orang hidung tersumbat adalah kondisi yang tidak nyaman saat bernafas bahkan tidak sedikit orang yang tersiksa saat hitung tersumbat salah satunya adalah orang yang menderita asma atau sesak nafas. Saat penderita ini mengalami hidung tersumbat maka akan susah untuk bernafas dan dapat menyebabkan sesak nafas yang sangat fatal bila tidak segera ditangani. Walaupun hidung tersumbat adalah kondisi yang umum tetapi ada juga kondisi hidung tersumbat yang menjadi suatu pertanda penyakit yang serius. Tetapi kebanyakan hidung yang tersumbat diakibatkan karena infeksi yang terjadi di saluran hidung pada jaringan hidup seperti sinusitis dan influenza.

Biasanya hidung tersembut di bagian sebelah hidung saja tetapi tidak menutup kemungkinan kedua-duanya juga bisa tersumbat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dirumah untuk mengurangi hidung tersumbat dengan mudah, antara lain:

  1. Mengkonsumsi makanan pedas

Saat hidung tersumbat cara yang ampuh untuk menguranginya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang pedas walaupun terkadang saat hidung kita tersumbat kita tidak bisa merasakan makanan yang kita makan. Penelitian mengatakan bahwa makanan pedas berkhasiat untuk menyembuhkan hidung tersumbah karena dapat membersihkan dan menipiskan lendir yang menyumbat saluran hidung.

  1. Mengkompres dengan kain / handuk hangat

Dengan cara mengkompres dengan air hangat dapat membuat rasa nyaman pada saluran hidung dan membuat saluran pernafasan yang tersumbat lebih lancar, cukup dengan merendamkan handuk yang dimasukan di air hangat lalu peras handuk tersebut hingga menyisakan handuk yang lembab lalu letakkan handuk tersebut di muka. Bisa sambil dengan duduk atau berbaring.

  1. Mengeluarkan lendir yang menyumbat

Cara yang biasanya banyak dilakukan saat hidung tersumbat adalah dengan cara mengeluarkan lendir yang menyumbat dengan cara ini lendir yang menyumbat akan keluar dan tidak lagi menutupi saluran pernafasan sehingga nafas bisa kembali lancar.

  1. Berendam dengan air hangat

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan berendam atau mandi dengan air hangat, cara ini sangat ampuh untuk mengurangi hidung tersumbat karena uap yang di hasilkan dari air hangat tersebut akan melewati paru-paru dan melewati rongga hidung. Uap hangat yang dihasilkan tadi dapat membuka semua rongga yang tersumbat dan dapat menghilangkan lendir  dan membuat nafas kembali lancar.

  1. Mengunakan aroma yang hangat

Kebanyakan orang biasanya menggunakan bau-bauan yang hangat untuk meredakan hidung tersumbat. Dengan cara ini aroma mentol yang hangat dapat melegakan hidung tersumbat dan membuat rongga-rongga yang tetutup menjadi terbuka sehinga pernafasan menjadi lancar. Bisa dengan mengoleskan atau dengan mencium aromanya saja seperti minyak kayu putih atau dengan balsem juga bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *