Cara Membersihkan Organ Intim Pada Bayi

Suarabandung.com – Saat bayi baru lahir, organ intim bayi sangatlah sensitif. Permukaannya masih halus sehingga harus dibersihkan dengan baik dan penuh dengan kehati-hatian.

Sebagian orang tua beranggapan menjaga organ intim bayi dengan dibersihkan menggunakan air sabun, padahal hal ini dapat mengiritasi organ intim bayi tersebut. Namun, di sisi lain orang tua perlu sering mengganti popok bayi yang terkena urin atau tinja bayi.

Sebaiknya bersihkan organ intim bayi saat mengganti popok, gunakan air saja atau air dicampur sabun bayi tetapi bebas pewangi dan juga alkohol. Anda pun dapat menggunakan tisu basah bebas alkohol yang aman bagi bayi. Keringkan area organ intim dengan handuk yang lembut, jangan terlalu sering digosok, karena dapat mengiritasi kulit. Baca juga : Alasan Mengapa Bayi Sering Muntah Setelah Minum ASI

Bagi bayi laki-laki, bersihkan penis dengan kain bersih yang dibasahi air atau menggunakan air yang dicampur dengan sabun khusus bayi. Membersihkan penis bayi sebenarnya tidak memerlukan persiapan khusus karena kepala penis bayi dapat membersihkan dirinya sendiri sampai batas tertentu. Anda pun tidak perlu menarik kulit kulupnya ketika dibersihkan karena dapat berisiko merobek kulit kulup dan melukai bayi.

Sedangkan untuk bayi perempuan, selalu membersihkan organ intimnya dengan gerakan dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri atau kotoran dari anus pindah ke vaginanya. Jika popok sangat kotor dan kotoran masuk ke bibir vagina bayi, segeralah bersihkan bibir vagina dengan tisu atau kapas basah yang lembut. Hindari membersihkan area tersebut dengan sabun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: