Cara aman mengatasi darah rendah

Cara aman mengatasi darah rendah – Pernahkah Anda berada pada sebuah antrean yang panjang atau mungkin ketika Anda sedang berada di tempat umum yang dimana disana banyak sekali orang yang sedang berlalu-lalang, hilir- mudik, kesana-kemari dan sesaat itu mata Anda terasa berkunang kunang, kepala Anda jadi pusing tujuh keliling hingga secara tidak disengaja Anda tiba-tiba sudah jatuh tergeletak diatas lantai. Kebanyakan, jika hal tersebut terjadi pada seseorang, orang kebanyakan mengira kalau orang tersebut belum sarapan atau bahkan belum makan seharian, ada juga yang mengatakan kalau orang tersebut sedang kelelahan, karena terlalu lama bekerja sehingga kurang waktu beristirahatnya. Memang hal yang dikatakan tadi bisa dibenarkan, namun yang lebih tepatnya kejadian ini sudah menjadi sebuah gangguan kesehatan yang muncul tanpa Anda sadari sebelumnya. Ketika orang mengalami hal tersebut berarti orang tadi mengalami gangguan yang namanya tekanan darah rendah.

Taukah Anda apa itu tekanan darah rendah ?

Tekanan darah rendah yaitu pengukuran yang berasal dari jantung untuk memompa darah yang nantinya akan disirkulasikan ke seluruh tubuh. Peristiwa sirkulasi darah tersebut akan menekan dinding pada pembuluh darah. Dan tekanan darah tersebut akan memompakan darah-darah menuju arteri yang ada pada tubuh dan nantinya akan kembali lagi ke jantung melewati pembuluh vena. Perbedaan tekanan tersebutlah yang membedakan adanya tekanan darah tinggi (hipertensi), tekanan darah normal dan tekanan darah rendah (hipotensis).

Ciri-Ciri Orang yang Terkena Darah Rendah

  1. Sering pusing dan sakit pada bagian tengkuk kepala

Hal tersebut sering dialami oleh penderita darah rendah, karena kemampuan jantung yang kurang dalam memompa darah menjadikan darah yang penuh oksigen tidak sampai ke otak, sehingga otak kekurangan asupan oksigen dan menjadikan pusing yang terus menerus. Selain itu, mata penderita juga sering berkunang kunang saat kepala terasa pusing.

 

  1. Wajah tampak pucat, loyo serta tidak besemangat

Selain pusing, penderita juga pasti terlihat pucat, dan seperti kurang sehat serta denyut nadi yang lemah. Hal tersebut dikarenakan pasokan darah yang kurang menjadikan wajah terlihat letih dan lesu, serta penderita juga sering berkeringat dingin.

 

  1. Perut terasa mual

Ketika kepala terasa seperti memikul beban yang sangat berat hingga rasa pusing sudah tidak bisa ditahan tahan lagi, maka penderita juga akan mengalami yang namanya mual-mual.

 

  1. Nafas cepat dan dangkal.

Kejadian ini adalah efek selanjutnya ketika paru-paru tidak bisa menyamai kekurangan dari darah untuk mengikat oksigen yang nantinya akan disebarkan  ke seluruh tubuh.

 

  1. Otak tidak mampu bekerja seperti biasanya

Karena kurangnya asupan oksigen pada otak, maka mengakibatkan otak tidak bisa bekerja secara maksimal. Dan ini merupakan hal yang sangat fatal bila terjadi pada pelajar maupun pekerja. Karena otak tidak bisa berfikir dengan jernih, maka mereka tidak bisa menyelesaikan masalah mereka dengan fikiran yang tenang.  Untuk pelajar akan merasa terganggu sewaktu belajar karena tidak mampu untuk berfikir secara cepat.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Jadi untuk Anda yang saat ini mengalami gangguan tersebut jangan khawatir, berikut ada beberapa cara aman mengatasi darah rendah :

  1. Perbanyak konsumsi lemak nabati

Salah satu sumber utama yang mampu menambah kwantitas darah dan mengatasi gangguan darah rendah Anda. Lemak nabati lebih cocok digunakan dari pada lemak hewani, karena untuk menghindari kolesterol jahat juga yang banyak terkandung pada lemak hewani.  Anda bisa mendapatkannya pada kacang kacangan, gandum dan lain lain.

  1. Perbanyak konsumsi garam

Garam pun bisa menjadi obat bagi penderita darah rendah, karena garam memiliki kemampuan menambah produksi dari sel darah merah dan nantinya akan menambah jumlah darah pada tubuh Anda.

  1. Minum kopi

Kopi juga mampu membantu Anda mengatasi darah rendah, caranya minumlah satu hingga dua gelas kopi per hari hingga darah rendah yang ada pada Anda sembuh.

  1. Kurangi konsumsi gula dan alkohol

Gula dan alkohol sangat tidak baik bagi Anda penderita darah rendah. Terlalu banyak mengonsumsi gula juga membuat Anda terserang penyakit diabetes, alkohol pun sangat berbahaya bagi sistem syaraf yang ada pada tubuh Anda.

  1. Perbanyak minum air putih

Konsumsi air putih rutin hingga 8 gelas per hari untuk menghilangkan berbagai macam racun yang ada pada tubuh Anda. Selain itu, air juga mampu membatu melancarkan peredaran darah Anda.

Selain kelima cara diatas, terdapat tambahan lainnya, yakni bangun tidur lalu duduk perlahan, hindari berendam di air panas terlalu lama, olahraga secara rutin, jangan mengangkat beban terlalu berat, tidur secukupnya dan berkualitas, dan selalu periksa tekanan darah Anda.

Bila Anda sudah mengetahui bahwa Anda adalah penderita darah rendah, maka bersegaralah untuk melakukan tips-tips diatas untuk menghindari hal-hal yang mungkin nantinya akan lebih buruk dari sekarang. Selain itu jangan lupa untuk mengonsumsi obat penyuplai darah, seperti sangobion, yang mampu membantu menambah jumlah darah Anda.

Demikian artikel saya, saya harap mampu bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa untuk jaga kesehatan tubuh Anda, karena sehat adalah berkah tuhan yang sangat mahal untuk kita. Terima kasih.

baca selanjutnya : Makanan Penambah Darah

editor@yayu73

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *