Budaya 5 Negara akan Bergabung di Bangka Culture Wave 2019

Rencananya sebanyak 5 negara dipastikan akan berpartisipasi dalam Bangka Culture Wave (BCW) 2019. Sebagian besar berasal dari Negara Eropa. Para peserta mancanegara tersebut nantinya akan menampilkan tarian khas dari negara masing-masing.

Dengan adanya gelaran tersebut semakin menegaskan BCW 2019 sebagai panggung budaya lintas bangsa. Perwakilan 5 negara yang akan tampil adalah Spanyol, Hongaria, Finlandia, Slovakia, Finlandia, dan Amerika Serikat. BCW 2019 akan digelar 2-7 April, di De’Locomotief, Pantai Wisata Tonaci, Sungailiat, Bangka.

Sebagai tuan rumah, Bangka turut menampilkan tarian khasnya. Tarian tersebut akan dibawakan oleh sanggar tari dan siswa-siswi sekolah di Bangka. “Peserta dari Bangka terbuka untuk umum. Basic-nya tarian sama seperti peserta dari mancanegara,” ucapnya.

Untuk konsep yakni ‘asimilasi’ yang diterapkan BCW 2019. Event ini memadukan tarian khas peserta mancanegara dengan alat musik tradisional Bangka. Alat musik ini seperti, gambus, accordion, dan gendang khas Bangka.

Staf Khusus Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuti menyebutkan, BCW selalu menjadi panggung ramah budaya.

“Keramahan selalu diberikan event BCW. Mereka bahkan memberikan kesempatan beragam budaya lintas bangsa bersatu. Konsep inilah yang membuat BCW sangat kaya dan menginspirasi. BCW selalu menjadi event yang paling dinanti setiap tahunnya. Terlebih, tahun ini ada penambahan 1 slot untuk peserta mancanegara,” terang Esthy.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya juga menegaskan, jika BCW 2019 memiliki banyak fungsi budaya. “BCW 2019 event penuh inspirasi. Beragam seni budaya dari berbagai bangsa bertemu di BCW. Lebih menarik lagi, BCW 2019 menjadi media konservasi budaya. Tradisi dan budaya yang mulai langka bisa ditampilkan di sini. Harapannya, ada transformasi pengetahuan kepadagenerasi berikutnya,” jelas Menpar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: