BNN KBB Siapkan 3 Desa juga 15 Sekolah Bersih Narkoba

Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bandung Barat siapkan 3 desa dan 15 sekolah guna masuk program Bersinar (bersih narkoba). Melalui program tersebut, desa dan sekolah diharapkan dapat menjadi pelopor dalam upaya pemberantasan narkoba.

Kepala BNN KBB Sam Norati Martiana mengungkapkan, program Desa dan Sekolah Bersinar adalah program pusat yang ditindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jabar Nomor 354/09/Yanbangsos tentang Program Penguatan Pencegahan, Pemberantasan, dan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Lalu, ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Bupati Bandung Barat Nomor 440/523/Kesra tentang P4GN.

“Melalui surat edaran tersebut, kami inventarisasi sejumlah desa dan sekolah yang siap masuk program Bersinar. Dan, saat ini 3 desa dan 15 SMP dinilai sudah siap,” ucapnya di Ngamprah, pada Senin, 11 Maret 2019.

Sam menyebutkan, ketiga desa tersebut yakni Desa Wangunharja, Kecamatan Lembang, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, dan Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah. Sedangkan, 15 sekolah yang sudah dipersiapkan menjadi Sekolah Bersinar tersebar di beberapa kecamatan. 

Menurutnya, ketiga desa dan 15 sekolah ini dinilai memiliki kepedulian tinggi untuk mengampanyekan antinarkoba. Dengan program tersebut, institusi ini ditargetkan lebih aktif lagi dalam menyosialisasikan P4GN kepada masyarakat.

“Untuk Desa Bersinar, juga diharapkan bisa menggelar tes urine secara mandiri bagi para perangkat desa. Dananya bisa saja disisihkan dari Dana Desa, sebab anggaran dari BNN tidak ada,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: