BJ Habibie Dirawat di Rumah Sakit

Suarabandung.com – Presiden Indonesia ke-3 yakni Bacharuddin Jusuf Habibie dikabarkan sedang menjalani perawatan di Klinik Starnberg yang ada di kota München, Jerman. Kondisi kesehatan Habibie terus menurun.

Kabar ini dibenarkan oleh akun Instagram resmi The Habibie Center pada Sabtu, 3 Maret 2018 kemarin.

Dalam keterangannya, Beliau mengalami kelelahan karena aktifitas yang sangat banyak. Kondisi Habibie mengalami gangguan pada jantung dan saluran pernafasannya.

Rubijanto, sekretaris pribadi BJ Habibie mengungkapkan Pemerintah Jerman telah memberikan perhatian dan bantuan semaksimal mungkin untuk menyembuhkan kondisi beliau.

Rubijanto menyebutkan, Habibie sudah mulai mengalami sesak nafas sejak Selasa, 27 Februari 2018 lalu. Beliau langsung dibawa ke Klinik Starnberg dan diperiksa oleh dokter. Saat itu ditemukan bahwa klep jantung pada tubuh Habibie mengalami kebocoran. Hal tersebut membuat paru-parunya dipenuhi dengan air sebanyak 1,5 liter.

Hal inilah yang membuat pernafasannya terasa sesak.

Kebocoran klep ini membuat tekanan darah Habibie meningkat hingga angka 180. Dokter pun menyarankan Habibie untuk melakukan operasi dengan metode baru yang lebih canggih.

Untuk saat ini, dokter sudah memasang kateter melalui mulut Habibie untuk mengetahui dengan pasti bagaimana kebocoran klep jantung yang dialaminya.

Dokter juga memastikan tindakan yang sebaiknya dilakukan untuk menyelamatkan nyawa beliau.

Rubijanto menjelaskan operasi jantung ini dihadiri oleh dua dokter spesialis jantung yang berasal dari Tim Dokter Kepresidenan RI dan satu orang personel Paspampres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: