Berbicara Pada Diri Sendiri Dapat Meningkatkan Kualitas Diri

Suarabandung.com – Bicara pada diri sendiri adalah cara terbaik untuk memotivasi diri agar lebih baik, bicaralah pada diri Anda sendiri. Sebuah studi mengatakan bahwa memberikan semangat pada diri sendiri ternyata mampu memberikan dorongan untuk melakukan sesuatu lebih baik.

 

Dikutip pada laman Huffingtonpost, dengan kalimat ‘Saya mampu melakukan lebih baik nantinya’ dan mengatakannya pada diri sendiri. Ternyata  mampu memberikan dorongan semangat pada pikiran Anda. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil studi yang menemukan bahwa berbicara pada diri sendiri mampu memberikan semangat lebih pada tubuh.

Sebuah peneliti telah menelaah orang-orang yang berbicara pada dirinya sendiri, ternyata hal tersebut mampu meningkatkan performanya saat sedang bermain game online. Hal itu dapat dibandingkan juga dengan mereka yang tidak melakukannya, saat sedang bermain game online di waktu yang sama.

Studi tersebut meneliti sebanyak 44 ribu orang dan dibagi menjadi 13 grup berbeda. Dua belas grup diberikan video motivasi yang berbeda-beda mengenai teknik berbicara pada diri sendiri, di mana satu grup lainnya hanya melihat video instruktur tanpa adanya pengarahan teknik tersebut.

Para koresponden itu lalu diminta bermain game online untuk kemudian mencari angka 1 hingga 36 secara berurutan dan sejajar, secepat mungkin. Dan hasilnya, 12 grup dengan video motivasi mengenai teknik berbicara pada diri sendiri dapat lebih cepat bereaksi pada penemuan angka-angkanya.

Namun, kelompok dengan video instruktur menunjukkan kondisi yang lebih rumit. Mereka cenderung  lebih lama dalam berpikir, sehingga ragu untuk bertindak dan mengakibatkan reaksinya lebih lambat dari grup lainnya.

Hal ini menyatakan bahwa berbicara pada diri sendiri merupakan tehnik yang paling efektif, untuk menolong diri sendiri. Salah seorang peneliti yaitu, profesor psikologi di University of Wolvehampton, Inggris, berujar bahwa cara sederhana ini efektif untuk meningkatkan performa pada seseorang.

Ada banyak hal untuk melakukan segala sesuatu menjadi lebih mudah dan percaya diri. Namun tetaplah kita untuk memotivasi diri kita agar menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Karena dengan keyakinan dan percaya diri. Kita dapat mempermudah segala sesuatu menjadi lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *