Benarkah Tidur Bisa Bakar Kalori?

Tubuh secara aktif akan bekerja dalam memperbaiki dan membantu pertumbuhan sel otak ketika seseorang sedang tidur.

Hal tersebut dilakukan otak guna memproses informasi yang telah diterima dan membuang informasi yang tak perlu atau tak berguna. Nah, apakah dengan tidur bisa menjadi sebuah proses yang dapat membakar kalori?

Dilansir dari laman Reader’s Digest pada Minggu, 24 Maret 2019, ternyata benar bahwa tidur dapat membakar kalori.

Seorang pakar nutrisi, Cathy Posey, menyebutkan jika jumlah kalori yang terbuang tergantung dari berat badan, jumlah waktu tidur, dan suhu tubuh seseorang.

“Rata-rata, orang membakar sekitar, 42 kalori per jam per pon berat badan saat mereka tidur,” Ucapnya terkait berapa banyak jumlah kalori yang terbuang ketika tidur.

Cara lainnya dengan mengenakan piyama dingin. “(Piyama) dapat meningkatkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan,” ungkap, Terry Cralle, seorang pendidik tidur klinis dari Amerika.

Sebuah studi dari National Institutes of Health pun menemukan jika memiliki suhu tubuh yang lebih dingin saat tidur dapat membantu meningkatkan sel dan metabolisme pembakaran kalori.

Posey juga menyarankan untuk memakan makanan yang lebih sedikit di malam hari serta melakukan olahraga teratur guna membuat tubuh mengalami pembakaran kalori yang optimal.

Namun, Reader’s Digest tetap mengimbau untuk tak mencoba tidur lebih banyak karena beranggapan kalori yang terbakar juga lebih banyak.

Hal tersebut dapat menimbulkan risiko penyakit seperti stroke dan diabetes, akibat tidur lebih dari delapan hingga sembilan jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: