Benarkah Dehidrasi Sebabkan Kram?

Suarabandung.com – Dehidrasi ditandai dengan gejala seperti rasa haus atau sulit berkonsentrasi. Jika seseorang mengalami kekurangan asupan air putih biasanya akan membuat siapa pun rentan terkena kram.

Pakar kesehatan di bidang saraf bernama Michael Jaffee, M.D., dari University of Florida Health, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa kram yag disebabkan oleh dehidrasi muncul hingga sekitar 9 menit. Meskipun bisa menghilang, sensasi tidak nyaman ini bahkan bisa terus terasa hingga 2 atau 3 hari kemudian.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 lalu dan hasilnya dipublikasikan dalam Sports Health justru menghasilkan fakta yang berbeda, yakni ada kemungkinan dehidrasi tidak akan menyebabkan masalah kram otot.

Namun, beberapa penyebab lain dari masalah kram otot adalah penyakit saraf, parkinson, atau gangguan pada otot. Yang menariknya lagi adalah, tak hanya melakukan peregangan atau pemijatan, kita juga bisa mengatasi kram ototdengan mengonsumsi air putih. Baca juga : Gula Darah Tetap Normal dengan Kayu Manis

Meskipun demikian belum jelas apakah dehidrasi menyebabkan kram otot atau tidak, sebaiknya kita tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk membuat tubuh tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: