Begini Cara Mengompres Si Kecil Saat Demam Dengan Benar

Suarabandung.com – Saat si kecil demam bunda sering kali mengompres bagian tubuh anak dengan harapan demam akan turun. Namun, harapan itu akan sia-sia jika bunda mengompres si kecil dengan cara yang salah.

Dokter Spesialis Anak Mulya Rahma Karyanti mengungapkan bahwa sering kali orangtua salah kaprah dengan hal ini. Karyanti mengingatkan, ketika anak demam jangan kompres dengan air dingin. Melainkan kompreslah dengan air hangat.

“Es malah meningkatkan suhu tubuh,” tutur KaryantI

Mengompres si kecil dengan air hangat dapat membuka pori-pori, sehingga panas pada tubuh dapat keluar melalui pori-pori tersebut. Kompres dilakukan selama sekitar 15 menit.

Sebenarnya kompres tidak efektif jika diletakkan pada kening maupun kepala anak. Kompres yang benar, adalah diletakkan pada daerah lipatan seperti ketiak dan daerah paha.

“Kepala kurang efektif karena terhalang tulang tengkorak. Jadi yang efektif di lipatan-lipatan pembuluh darah besar. Di situ pembuluh darah lewat terjadi penguapan. Tujuannya, agar panas keluar lewat pori-pori tubuh,” ujar Ketua Divisi Infeksi dan Pediatri Tropik Departemen Ilmu Kesehatan FKUI ini.

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah menyelimuti anak yang menggigil saat demam. Padahal, menggigil saat demam berbeda dengan menggigil karena kedinginan.

Karyanti mengungkapkan, tindakan tersebut justru akan meningkatkan suhu tubuh si kecil. Jika suhu tubuh makin meningkat, si kecil bisa mengalami kejang-kejang hingga hilang kesadaran.

“Pakai baju tipis saja, lengan pendek sehingga kalau demam, panasnya keluar lewat pori-pori. Jangan diberi baju berlapis-lapis saat dia menggigil. Malah bisa berbahaya,” imbuhnya.

Untuk menurunkan panas sebaiknya berikan si kecil banyak minum air putih. Obat-obatan penurun panas untuk anak juga dapat diberikan. Jika panas tak kunjung turun, segera obati ke dokter anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *