Beberapa Makanan Penurun Kolesterol Trigliserida

Beberapa Makanan Penurun Kolesterol Trigliserida – Jika saat ini Anda sedang mencari informasi tentang makanan penurun kolesterol trigliserida, maka Anda sudah berada di tempat yang tepat karena dalam artikel ini akan kami coba jelaskan secara detail tentang apa itu kolesterol trigliserida, dan bagaimana cara menurunkannya dengan berbagai makanan yang terbukti efektif telah berhasil membantu banyak orang.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang makanan penurun kolesterol trigliserida, ada baiknya kita bahas dulu tentang apa itu trigliserida, karena siapa tahu Anda belum mengetahui tentang hal tersebut. Trigliserida adalah sejenis lemak yang bisa kita temukan dalam darah yang tercipta dari hasil penguraian yang dilakukan tubuh terhadap makanan yang dikonsumsi yang memiliki kandungan kolesterol serta lemak.

Kolesterol dan trigliserida adalah beberapa jenis lemak dasar yang biasanya terdapat pada tubuh, yang senantiasa bersirkulasi di dalam jalannya aliran darah. Kedua jenis lemak dasar ini memiliki kemiripan yang hampir banyak, tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan juga. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan yang dimilikinya, berikut adalah uraiannya.

  • Kolesterol disimpan di dalam dinding pembuluh darah atau dalam jaringan hati, sedangkan trigliserida disimpan di dalam sel lemak yang terdapat di bawah jaringan kulit.
  • Kolesterol memiliki manfaat untuk memproduksi hormon dan sel tertentu di dalam tubuh, sedangkan trigliserida memiliki manfaat untuk memberikan energi bagi tubuh.

Kandungan kolesterol dan trigliserida dalam jumlah yang wajar akan sangat membantu metabolisme tubuh untuk lebih optimal, tetapi jika kandungannya melebihi batas, maka kolesterol akan menghadirkan peluang hadirnya berbagai jenis penyakit, dan trigliserida yang berlebih pun akan membuat tubuh terlihat lebih gemuk.

Karena itu, saat kita melakukan pengecekkan kesehatan dan memantau kadar kolesterol trigliserida dalam tubuh kita ternyata jumlahnya melebihi batas, maka kita harus segera melakukan tindakan preventif, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol trigliserida. Apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa jenisnya :

  1. Kacang kacangan dan biji bijian

Yang termasuk kedalam jenis makanan penurun kolesterol trigliserida ini antara lain kacang kedelai, almond, lentil, kenari, serta jenis kacang dan biji bijian lain yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Secara kandungan, kacang dan biji bijian biasanya memiliki kadar lemak yang rendah dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Kandungan seratnya yang tinggi dan kadar indeks glikemik yang rendah membuat sistem pencernaan lebih lama melakukannya, sehingga kita tidak akan mudah merasa lapar. Konsumsi kacang kacangan dan biji bijian tiap hari sebanyak 43,5 gr akan dapat membantu Anda untuk terhindar dari penyakit jantung, asalkan tidak ditambah dengan gula dan garam.

  1. Minyak Zaitun

Minyak ini dikenal memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka harus melakukan upaya untuk menurunkan LDL dan menaikkan HDL, yang bisa dicapai dengan mengkonsumsi minyak zaitun.

  1. Ikan Yang Mengandung Omega-3 Tinggi

Jika Anda sudah terbiasa mengkonsumsi ikan sebanyak tiga kali sehari, maka bersyukurlah dengan kebiasaan itu, karena Anda memiliki peluang untuk terhindar dari penyakit jantung lebih baik daripada yang tidak terbiasa melakukannya. Ikan adalah jenis makanan yang mengandung omega-3 cukup tinggi, tapi yang paling banyak kandungannya adalah jenis ikan salmon, sardine, dan tuna. Cara paling baik untuk mendapatkan asupan omega-3 dari ikan adalah dengan mengolahnya secara dikukus atau dibakar.

  1. Sayuran Dan Buah Buahan

Untuk konsumsi sayuran dan buah buahan yang bisa dipilih adalah yang memiliki kandungan betakaroten dan vitamin C yang tinggi. Jenis makanan penurun kolesterol trigliserida ini sangat baik juga untuk Anda konsumsi saat melakukan diet kolesterol. Jenis buah yang bisa dipilih antara lain jambu, jeruk, mangga, anggur, aneka berry (blackberry, blueberry, strawberry, cranberry). Sedangkan untuk sayurannya antara lain brokoli, labu, wortel, apricot, dan bayam adalah pilihan yang tepat.

Demikianlah informasi tentang makanan penurun kolesterol trigliserida, semoga bermanfaat untuk Anda yang saat ini memang sedang berniat dan melakukan upaya untuk menurunkan kadar kolesterol trigliserida dalam tubuh.
Baca Juga : Makanan Penambah Darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *