Bareskrim Tangkap Pelaku Ujaran Kebencian ‘The Family MCA’

Suarabandung.com – Direktorat Tindak Pidana Siber Polri bersama Direktorat Keamanan Khusus Badan Intelejen Khusus (Dit Kamsus BIK) telah menangkap 4 pelaku ujaran kebencian kelompok Muslim Cyber Army (MCA).

Empat pelaku diduga anggota utama dari MCA dalam grup “The Family MCA”.

Pelaku tersebut berinisial ML (40) ditangkap di Jakarta Utara, RSD (35) dibekuk di Bangka Belitung, RS (39) diamankan di Bali, dan Yus ditangkap di Sumedang, Jawa Barat.

Gambar terkait

Photo : okezone.com

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran menyebutkan kelompok tersebut telah diamankan atas penangkapan serentak di Jakarta, Bandung, Bali, Pangkal Pinang, dan Palu pada Senin 26 Februari 2018.

Tak hanya itu menurut Fadil, MCA mengirimkan virus kepada kelompok atau orang yang dianggap musuh. Virus ini merusak perangkat elektronik penerima.

“Termasuk menyebarkan virus yang sengaja dikirimkan kepada orang atau kelompok lawan yang berakibat dapat merusak perangkat elektronik bagi penerima,” ugkap Fadil.

Penyidik pun terus mencari para pelaku lain yang tergabung dalam grup yang diikuti oleh para tersangka. “Mendalami pelaku lain dari grup-grup yang diikuti oleh para tersangka,” jelasnya.

Diduga para tersangka telah melakukan tindak pidana sengaja, menunjukkan kebencian atau rasa benci kepada orang lain berdasarkan diskriminasi SARA dan atau dengan sengaja dan tanpa hak menyuruh melakukan tindakan yang menyebabkan terganggunya sistem elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: