Banjir di Kabupaten Bandung Meluas

Suarabandung.com – Banjir mengepung sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung, Kamis (16/11/2017) kemarin. Bahkan BPBD mencatat, kali ini banjir meluas ke sejumlah wilayah yang sebelumnya bebas banjir.

“Daerah (Kecamatan) Pamengpeuk yang jarang (banjir) sekarang terdampak, akibat luapan Sungai Cisangkuy tepatnya di daerah Tarajusari,” tutur Kabid Kedaerahan Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Heru Kiatno di Posko BPBD Kabupaten Bandung di Jalan Baleendah.

Tak hanya Pamengpeuk, Solokanjeruk pun kini terkena banjir imbas dari banjir di Majalaya dan Rancaekek.

Menurutnya banjir itu banjir lintasan, bukan banjir genangan seperti di Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang. Dengan hitungan jam banjir tersebut pun akan cepat surut.

“Masalah banjir harus dipikirkan semua pihak. Kalau hanya bertumpu kepada pemerintah tidak akan selesai. Mereka (warga) yang menempati, mereka juga yang harus memeliharanya (alam),” ujarnya.

Heru mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada atas kemungkinan bencana alam yang setiap waktu dapat terjadi di Kabupaten Bandung.

Menurut data BPBD Kabupaten Badung banjir yang terjadi terdapat di tiga kecamatan di Kabupaten Bandung yakni terdiri Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang merendam sekitar 4.097 rumah, 10 gedung sekolah, 8 fasilitas umum dan 27 tempat ibadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: