Bandung Akan Realisasikan Kota Tanpa Kabel Udara

Suarabandung.com – Pemkot Bandung akan melakukan penataan kota dengan memindahkan kabel-kabel tergantung di udara dengan menggunakan media tiang ke bawah tanah badan jalan atau trotoar.

Ismail Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo mengatakan yang dilakukan Pemkot Bandung bukan hanya bagian dari penataan kota namun juga sebuah bentuk pengembangan infrastruktur.

“Jadi ini bentuk sinergikan dua sisi. Bukan hanya melarang kabel udara, tapi Pemkot Bandung juga sudah menyiapkan ducting di bawah,” ucap Ismail usai Ceremonial Pemotongan Kabel Udara Dalam Rangka Program Bandung Tanpa Kabel di Aula YPK Disbudpar Jabar, Jalan Naripan, Kota Bandung, Senin (18/9/2017).

Menurutnya, pemindahan kabel ke bawah tanah sudah tentu ada untung dan ruginya. Seperti, kota yang akan semakin indah dan masa pakai kabel menjadi lebih lama. Namun, saat terjadi kerusakan jaringan, kabel udara akan lebih mudah diperbaiki dibanding dibawah tanah.

Perancangan tersebut bukan tanpa hambatan, lantaran di sejumlah tempat seperti jalan berupa gang sulit untuk diterapkan tanpa kabel. Sehingga kebutuhan akan kabel udara masih dibutuhkan.

Ismail menuturkan pemerintah pusat kini tengah menyiapkan pedoman infrastruktur broadband  Sebagai landasan pembangunan dan pelayanan. Salah satunya adalah agar satu tiang bisa digunakan bersama.

“Jadi namanya tiang bersama. Fungsinya bukan hanya untuk kabel-kabel tapi juga bisa menjadi sarana penerangan jalan,” Paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *