Bahayakah Jika Sering Lakukan Tes USG Pada Ibu Hamil?

Suarabandung.com – Tes yang dilakukan ibu hamil yaitu ultrasound sonography atau yang dikenal dengan USG. Denga tes USG, kita dapat mengecek perkembangan janin dalam kandungan atau bahkan mengetahui jenis kelaminnya.

Namun, apakah tidak apa-apa jika kerap melakukan tes USG karena selalu ingin mengetahui perkembangan janin?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa USG sama sekali tidak berbahaya bagi ibu atau janin di dalam kandungan. Hal ini disebabkan oleh USG yang memakai prinsip gelombang suara yang dipantulkan. Karena adanya gelombang suara inilah yang membuat kita bisa melihat gambaran kondisi janin di dalam kandungan melalui layar. Dengan adanya gambaran ini, dokter pun dapat mengecek perkembangan dan kondisi janin di dalam kandungan.

Manfaat lain dari penggunaan tes USG adalah mengecek kondisi cairan ketuban dan plasenta, serta mendeteksi kemungkian adanya kelainan pada indung telur. Berbagai manfaat ini tentu menunjukkan betapa pentingnya melakukan tes USG bagi ibu hamil.

Berbeda dengan tes rontgen atau CT Scan, USG ini sama sekali tidak menggunakan radiasi yang dapat memberikan efek samping bagi kesehatan ibu hamil dan juga janin dalam kandungan. Hal ini berarti, melakukan tes USG dengan frekuensi yang cukup sering tidak akan menyebabkan cacat lahir atau gangguan perkembangan lainnya pada janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *