Bahaya Tidur Dengan TV Yang Masih Menyala

Suarabandung.com – Sebagian orang tentu menonton televisi hingga tertidur sehingga membiarkan televisi ini tetap menyala semalaman. Meski terlihat sebagai hal yang sepele, pakar kesehatan ternyata menyebut hal tersebut dapat membahayakan kesehatan.

Salah satu pakar kesehatan Guy Meadows yang menyebutkan dampak buruk dari tidur dengan kondisi televisi masih menyala. Yakni tubuh manusia idealnya baru bisa tertidur dengan nyenyak saat kamar berada dalam kondisi gelap, bukanlah terang.

Alasan inilah saat sinar matahari muncul, sensor pada retina mata yang mampu menerima cahaya segera merangsang otak untuk membuang hormon melatonin pada tubuh agar tubuh dapat terbangun.

Jika anda tidur dengan televisi yang masih menyala, maka produksi hormon melatonin yang bisa membuat kita mengantuk atau terlelap tentu akan menurun. Hal ini ternyata dapat memicu gangguan tidur atau tidur yang kurang nyenyak dan akhirnya berimbas pada tubuh yang terbangun dengan kondisi tidak nyaman dan kelelahan di pagi harinya.

Dampak lainnya adalah terganggunya fungsi prefrontal cortex yang ada pada otak dan akhirnya mempengaruhi rasionalitas. Alhasil, kita akan cenderung lebih sensitif dan emosional di keesokan harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *