Atasi Gangguan Lambung

Lambung  adalah organ yang sangat berperan penting dalam pencernaan manusia, di dalam lambung banyak sekali proses-proses pengolahan makanan. Fungsi lambung bagi pencernaan bagi manusia adalah sebagai pencerna makanan yang kita makan dengan mencampurkan dengan asam dan enzim yaitu asam hidroklorida dan disalurkan ke usus untuk di cerna kembali. Maka dari itu peran lambung bagi manusia sangatlah penting, di balik itu semua lambung juga sangat rentang terserang berbagai macam keluhan dan jika tidak segera di obati dapat merusak lambung dan menurunkan kinerja lambung. Sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan lambung kita agar tetap sehat karena lambung sangat berperan penting bagi pencernaan manusia. (baca juga: Daun sirsak sembuhkan kanker )

Jenis Penyakit Lambung dan Cara Mengatasinya

  1. Tukak Lambung

Tukak lambung adalah kondisi diamana lambung mengalami luka dengan ditandai adanya sejenis lubang pada lambung. Jika dibiarkan penyakit tukak lambung ini akan semakin parah dan menjadi kronis.

Pengobatan Tukak Lambung:

  1. Mengkonsumsi rebusan daun pencasuda yang sudah direbus dengan cara merebus dengan 2 gelas air dandirbus hingga tersisa 1 gelas air saja.
  2. Mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu kasar/lembut seperti bubur, agar-agar dan lain sebagainya.
  3. Mengompers perut dengan air hangat. Cara ini bisa dilakukan sambil berbaring dan istirahat selama 3 minggu.

    2. Asam Lambung

Penyakit lambung yang satu ini merupakan penyakit yang banyak kita jumpai dikalangan masyarakat,biasanya disebut dengan Maag. Penyebab dari penyakit maag ini adalah meningkatnya asam lambung secara berlebihan, jika maag ini dibiarkan saja makan dapat menimbulkan peradangan pada dinding lambung yang bisa menyebabkan nyeri saat menderitanya.

Pengobatan Asam Lambung:

  1. Dengan air perasan kunyit dapat menurunkan asam lambung yang meningkat. Cukup dengan parut kunyit yang sudah dicuci bersih kemudian campurkan sedikit air lalu saring hingga mendapatkan sarinya kemudian minum sehari 2 kali pagi dan sore.
  2. Air rebusan daun jambu biji bisa menyembuhkan maag yaitu rebur 9-10 lembar daun jambu biji dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian saring airnya dan diminum sebanyak 3 kali sehari.

 3. Infeksi Lambung

Infeksi lambung ini disebabkan karena adanya kuman dan bakteri, bakteri dan kuman tersebut dapat hidup dan berkembang biak di bagian dinding lambung. Jika penyakit ini dibiarkan saja dan tiodak diobati maka dapat menyebabkan lecet atau luka pada bagian dinding lambung dan juga bisa berakibat pendarahan.

Pengobatan Infeksi Lambung:

Dengan rebusan 75 gram daun lidah buaya dengan dicampur 10 gram adas dan 5 butir bunga lawang dan di rebus dengan air sebanyak 500 cc, rebus hingg tersisa 200 cc saja kemudian minum selagi hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *