Atasi Demam Dan Flu Pada Anak

Suarabandung.Com – Rasanya seperti mimpi buruk bagi para orang tua saat mengetahui si kecil terserang sakit. Tak heran, terkadang banyak para orang tua yang terlalu panik dan langsung membawa anaknya tersebut ke dokter untuk penanganan lebih serius.

Padahal bunda, tidak semua penyakit serius harus dibawa ke dokter loh. Seperti, batuk pilek dan demam sebenarnya masih dapat kita tangani sendiri tanpa harus pergi ke dokter.

Batuk Pilek (Flu)

Batuk dan pilek merupakan penyakit yang paling sering menjadi langganan bagi si kecil. Menurut beberapa para ahli, sebaiknya para orang tua agar lebih berhati-hati, saat berupaya meredakan batuk atau pilek pada anak dengan memberikan obat yang dapat dibeli dengan mudah di pasaran.

Langkah alternatif yang dapat kita lakukan adalah berikan campurkan larutan air hangat yang telah dicampur dengan madu dan jeruk nipis guna melegakan tenggorokan dan mengatasi infeksi.

Nah, jika si kecil tidak begitu menyukai rasa asam, kita dapat memberinya madu saja. Aturan pemberian madu pada anak adalah sebagai berikut :

– Setengah sendok teh madu untuk anak berusia 2 hingga 5 tahun
– 1 Sendok teh madu untuk anak berusia 6 hingga 11 tahun
– 2 Sendok teh madu untuk anak berusia 12 tahun ke atas

Yang perlu bunda ingat, jangan berikan madu pada bayi berusia kurang dari 1 tahun, karena sistem pencernaan bayi belum cukup kuat untuk mencerna zat yang terkandung dalam madu tersebut.

Selanjutnya, hirup uap air yang ditetesi minyak telon atau minyak kayu putih. Jaga suhu ruangan kamar tetap lembab ya dengan mematikan AC dan siapkan ember yang berisi air panas yang ditetesi minyak telon di sudut kamar.

Demam

Kesalahan umum yang sering terjadi apabila anak menderita demam yaitu orang tua kerap menyuruh si anak memakai pakaian tebal, ternyata pada saat demam yang disarankan adalah memakaikan anak pakaian yang tipis.

Pertama baluri tubuh si kecil dengan campuran minyak kayu putih dengan 2-3 parutan bawang merah, ditambah seiris jeruk nipis.

Bila minyak kayu putih terlalu keras, bisa diganti dengan minyak kelapa. Jeruk nipis pun dapat digantikan dengan asam Jawa.

Terakhir, pijat tubuh si kecil dengan ramuan ini, terutama punggung, dada, dan perut. Untuk mempercepat kesembuhan, kompres dahi dan pakaikan kaos kaki pada anak.

Selamat mencoba ..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *