Anjuran Rasulullah SAW menjelang Ramadhan

Ramadhan sebentar lagi bulan suci penuh ampunan akan tiba, Sudah saatnya bagi kita umat islam menyambut bulan suci dengan penuh  kegembiraan, karna sesungguhnya dibulan Ramadhan ini Allah SWT telah menyediakan beragam kenikmatan diantaranya, mulai dari Ampunan, Rahmat, hingga Keberkahan seperti dilipat gandakannya pahala bagi umatnya yang mentaati perintahnya.

Rasulullah pun telah memberikan anjuran kepada setiap umatnya. Agar janganlah menyianyiakan bulan suci tersebut karenabelum tentu kita dapat melalui kembali ramadhan yang akan datang.

Dalam suatu Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu khuzimah dari Salman Al Farisi dijelaskan bahwa ketika Rasulullah SAW tengah berkhutbat diakhir bulan Sya’ban, Beliau berpesan kepada Umatnya dengan 6 hal yaitu :

  1. Pergunakan Bulan Ramadhan Dengan Sebaik-baiknya.

Dalam surat Al-Qadr bahwa salah satu malam memiliki keutamaan lebih dari seribu bulan,tentu saja bukan hanya bulan ramadhan kita harus menjalankan amal ibadah baik Ibadah yang wajib maupun yang sunah seperti salat Tarawih maupun salat sunah yang lainnya, dengan begitu Allah SWT memperkenankan kepada kita semua untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar tersebut.

 

  1. Bulan Dilipat Gandakan Pahalanya.

Allah SWT dapat melipat gandakan pahala bagi umat-umatnya, Allah bahkan memperjelas bahwa “Barang siapa yang melakukan Fardhu dibulan Ramadhan akan sama dengan 70 kali ibadah Fardhu dibulan lainnya”. Masyaallah…….

Maka sebaiknya jangan menyianyiakan waktu ibadahmu terutama dibulan Ramadhan.

 

  1. Jadikan Bulan Ramadhan Untuk Melatih Kesabaran.

Tentu saja teman teman pasti tau kesabaran apa saja yang harus dilakukan dibulan suci ini, seperti menahan lapar,haus dan hal yang mampu membatalkan puasa. Dan menghindari amalan buruk atau larangan Allah SWT yang akan merugikan kita dibulan Ramadhan ini. Itulah mengapa kesabaran sangat dibutuhkan di bulan yang suci ini.

 

  1. Tingkatkan dan Istiqomahkan Amal Salih.

Allah SWT dan rasulullulah SAW telah banyak menganjurkan untuk tidak melewatkan atau berleha leha dibulan yang penuh dengan ampunan ini. Tentu kita harus meningkatkan Amalan kita agar Allah menurunkan Rahmat dan Ampunannya. Dengan demikian bulan ramadhan menjadi bulan yang mampu menikatkanIbadah untuk diterapkan dibulan-bulan berikutnya.

 

  1. Belajarlah Menumbuhkan Simpati Kepada Orang lain

Perasaan Simpati juga mendatangkan kebaikan, berupa ingin berbagi dengan oranglain lewat pemberian makanan, Ketahuilah bahwa barang siapa yang memberikan makanan bagi orang yang berpuasa, maka akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut berpuasa.

 

  1. Perbanyak Doa Dan Mohon Ampunan

Dalam suatu hadist disebutkan bahwa 10 hari pertengahan ramadhan Allah SWT akan mengampuni semua hamba hambanya. Dan 10 hari terakhinya, bahwa Allah akan membebaskan hambanya dari Api neraka.

 

Karenanya janganlah Menyia-nyiakan Anjurannya, Itulah 6 anjuran Rasulullah SAW menjelang Bulan Suci Ramadhan . semoga bermafaat ya aminn…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *