Alasan Bedak Bayi Yang Sebaiknya Tidak Dipakai

Suarabandung.com – Sejak masih berusia beberapa hari, tentu kerap kita melihat bayi yang memiliki wajah atau tubuh yang dipenuhi oleh bedak sehingga memiliki aroma yang harum. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, penggunaan bedak bayi ternyata kurang baik bagi kesehatan bayi.

Dr.Theresia Rina Yunita salah satu pakar kesehatan mengungkapkan fakta bahwa bedak bayi sebaiknya tidak diberikan pada bayi. Menurut beliau, penggunaan bedak bayi ini bisa membuat bayi mengalami gangguan pernafasan.

Ia pun menyebutkan bahwa bedak terdiri dari berbagai partikel yang kecil dan halus layaknya debu. Memang, bedak seperti bisa menempel pada kulit, tetapi dalam realitanya partikel bedak ini juga beterbangan dan bisa dihirup melalui pernafasan bayi.

Hal ini berarti, bedak bisa memasuki saluran pernafasan bayi dan pada akhirnya menyebabkan berbagai masalah seperti gangguan pernafasan yang cukup serius bagi kesehatan anak layaknya batuk, sesak nafas, mengi, dan lain sebagainya.

Penggunaan bedak bayi dapat menyebabkan masalah pada bagian tubuh bayi lainnya. Seperti kulit bayi yang mengalami iritasi. Iritasi juga dapat muncul pada mata atau tenggorokan bayi. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa bayi yang menghirup bedak bayi dalam jangka panjang dapat mengalami masalah kesehatan yang cukup serius pada darah, jantung, hingga sistem saraf.

Melihat adanya fakta ini, sebaiknya ibu tidak usah memberikan bedak bayi demi kesehatan si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *