Alasan Balita Suka Memukul

Balita yang suka memukul terkadang tentu membuat resah orang tua. Terutama jika penyebab anak memukul tidak jelas. Tak hanya saat anak sedang merengek meminta sesuatu, namun juga ketika mereka sedang bermain atau sedang senang, balita juga akan memukul barang-barang atau bahkan temannya sendiri. Beberapa penyebab anak suka memukul, di antaranya:

  1. Mencari perhatian

Pakar tumbuh kembang anak beranggapan jika memukul adalah fase yang umum terjadi pada anak berusia di bawah 1 tahun. Biasanya disebabkan karena anak yang belum mamapu mengetahui cara meminta sesuatu dan akan mengungkapkannya dengan cara memukul. Cara ini dianggapnya mampu mendapatkan perhatian Anda atau orang lain yang ada di sekitarnya.

  1. Cara anak mempertahankan diri

Jika sang anak suka memukul ketika ia bermain bersama teman-temannya, bisa jadi hal tersebut adalah cara anak untuk mempertahankan diri atau mempertahankan barangnya sendiri. Anda dapat mengamati apakah si kecil dapat menyelesaikan konfliknya tersebut. Jika tampak tanda-tanda bahwa ia akan memukul, sebaiknya alihkan perhatian anak pada benda atau kegiatanyang  lain. Ingatkan sang anak bahwa ia tidak bisa merebut mainan dengan cara memukul.

  1. Anak sedang lelah

Anak yang suka memukul bisa jadi tanda bahwa anak-anak sedang lelah. Kadang ia tak bisa mengungkapkan perasaannya sehingga lebih mudah baginya untuk memukul. Jika anak mulai suka memukul ketika baru saja menjalani hari yang panjang, maka sebaiknya tawarkan padanya untuk tidur dan beristirahat.

Memukul merupakan fase yang wajar bagi anak. Tetapi orang tua perlu tetap waspada jika sang anak sudah mulai suka memukul barang orang lain sembarangan, atau bahkan memukul anak lain.  Sebaiknya segera jelaskan perlahan-lahan pada anak bahwa dengan cara memukul hingga merusak barang milik orang lain bukanlah suatu tindakan yang baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: