Akibat Super Blue Blood BMKG Prediksi Kenaikan Laut Pasang 1,5 Meter

Suarabandung.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi air laut diduga naik hingga mencapai 1,5 Meter sebagai dampak super blue blood moon. Ketinggian air laut tersebut terjadi secara bertahap.

“Kalau cuaca memang puncaknya terkait dengan garis matahari, bumi, bulan itu satu garis itu akan menimbulkan pasang naik. Bisa mencapai maksimum. Tetapi naiknya ini kan sangat bertahap, tidak langsung 1,5 meter, ” ujar kepala BMKG Dwikorita Karnawati di gedung BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2018).

Dwi menuturkan, jika super blue blood moon mulai pukul 17.00 WIB kemarin, maka air laut bisa secara perlahan mulai menaik. Namun, bisa saja terjadi keterlambatan air laut menaik. Baca juga : Super Blue Blood Tidak Terlihat di Bandung?

“Jadi, misalnya nanti mulai pukul 17.00 WIB sore berangsur-angsur akan naik, bertahap dan ada delay. Gerhana ini mulai pukul 17.00 WIB, jadi pasangnya itu pun tidak seketika pukul 17.00 WIB itu, ada delay atau keterlambatan beberapa waktu, ” ucap Dwi

Air pasang maksimal diperkirakan 140 cm – 150 cm. Peristiwa ini diprediksi akan berlangsung di pesisir utara laut Jawa, di Kalimantan Selatan, Sulawesi, Sumatera barat dan Kalimantan Barat yang pesisirnya mengarah ke laut Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: