7 Mineral Penting Bagi Tubuh

Suarabandung.com – Mineral merupakan mikronutrien seperti vitamin yang berperan penting bagi tubuh manusia.

Mineral berfungsi untuk proses pertumbuhan, pengaturan, dan perbaikan fungsi tubuh. Sebenarnya, mineral hanya diperlukan dalam jumlah yang kecil.

Namun meski hanya sedikit, tubuh tetap memerlukan mineral yang cukup agar fungsi tubuh berlangsung dengan baik.

Jika tubuh kekurangan mineral, akan terjadi berbagai macam gangguan tubuh. Tentu saja, setiap orang harus memeuhi kebutuhan mineralnya.

Berikut 7 mineral penting yang wajib masuk ke dalam tubuh agar anda tetap sehat:

Kalsium

Kalsium berfungsi untuk menjaga dan membangun kesehatan gigi dan tulang. Seseorang yang kekurangan kalsium besar kemungkinan akan mengalami keropos tulang atau biasa disebut dengan osteoporosis.

Asupan kalsium yang cukup juga dapat mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi sehingga sangat baik bagi bayi dan anak – anak. Kalsium dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti brokoli, keju, sayuran hijau, kacang polong, dan susu.

Selenium

Selenium berfungsi untuk membantu melindung sel – sel tubuh untuk melawan kerusakan oksidatif sehingga membantu anda mencegah penuaan. Selenium sangat penting untuk kesehatan rambut dan kulit. Zat mineral ini dapat anda peroleh dari berbagai jenis ikan dan biji – bijian.

Magnesium

Mineral yang satu ini berperan penting dalam proses metabolisme, terutama untuk proses penyerapan gizi. Magnesium sendiri merupakan zat penting untuk wanita akrean suplemen magnesium dan vitamin B16 karena mampu mengurangi sindrom pra menstruasi. Wanita yang kekurangan magnesium akan mengalami migrain dan gejala PMS (post menstrual syndrome) yang bertambah buruk.

Nah, magnesium pun dapat mencegah osteoporosis karena mineral ini memiliki peranan besar untuk menyerap kalsium. Magnesium dapat anda jumpai pada kacang kedelai, udang, kacang – kacangan, gandum, kacang kedelai, dan sayuran berdaun hijau.

Kromium

Mineral ini memiliki peranan penting untuk mengontrol gula darah. Kromium juga dapat membantu melawan degenerasi pembuluh arteri atau biasa disebut dengan ateroskeloris. Sumber kromium adalah roti gandum, keju, hati sapi, dan merica hitam.

Zinc

Zink dikenal dengan Seng. Mineral ini berperan untuk sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan, serta kesuburan. Zinc juga sangat penting bagi tubuh, terutama untuk wanita hamil. Sumber Zinc adalah hati sapi, kacang, kuning telur, susu rendah lemak, daging merah, dan jahe.

Besi

Mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen dalam darah. Zat besi yang satu ini merupakan bagian penting bagi sistem enzim tubuh. Sumber zat besi sendiri diantaranya adalah ginjal, hati, kuning telur, peterseli, kerang, dan coklat.

Yodium

Yodium sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Yodium sendiri tersimpan di dalam kelenjar tiroid. Mineral ini berfungsi untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid.

Kekurangan yodium dapat mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan seperti lesu, kulit kasar, konstipasi, berkurangnya kesuburan, penyakit gondok, dan keterbelakangan mental. Mineral ini dapat diperoleh dari rumpur laut, susu, keju, dan seafood.

 

Itulah mineral penting yang harus dipenuhi agar tubuh anda selalu sehat dan fungsi tubuh anda dapat berjalan dengan baik. Namun, selain dari tujuah mineral di atas, sebenarnya masih ada beberapa jenis mineral lain yang juga penting bagi tubuh seperti mangan, tembaga, fluoride, fosfor, sodium, dan seng.

Yang perlu anda ingat setiap jenis mineral memiliki fungsinya masing – masing. Oleh karena itu semua mineral sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *