6 Jajanan Lezat Khas Kota Bandung

Suarabandung.com – Kota Bandung menyimpan keanekaragaman kuliner yang menarik untuk kamu coba. Salah satu kuliner yang patut kamu coba adalah jenis makanan ringan khas yang terkenal di kota ini.

Apa saja jajanan khas Kota Bandung? Berikut ini 6 jajanan lezat khas Kota Bandung yang bisa kamu coba:

  1. Makanan Khas Bandung – Surabi / Serabi –    

Surabi khas Bandung ini terbuat dari tepung begitu mirip dengan pancake. Bedanya adalah surabi dibuat dengan cara dibakar diatas tungku dan adonannya sangat tebal.

Peralatan yang digunakan untuk membuatnya menggunakan alat sederhana, yakni dengan tungku yang terbuat dari cetakan tanah liat. Alat inilah yang membuat makanan surabi menjadi nikmat dan terasa keasliannya.

Kamu bisa memilih toping campurannya, dengan toping nangka, keju, coklat, pisang, duren atau sosis. Toping paling lezat, kamu bisa memilih surabi dengan toping oncom. Surabi ini terkenal enaknya berada di Kampus NHI, Jalan Setiabudi.

  1. Makanan Khas Bandung – Bandros –

Jajanan khas Bandung yang satu ini berbahan dasar tepung terigu yang di adoni dengan santan kelapa. Kemudian, di masak di atas percetakan cekung, setelah itu diberi taburan kelapa parut.

Bandros paling nikmat dimakan selagi hangat. Biasanya jajanan ini dibandrol dengan harga 3000/ 5 bandros.

  1. Makanan Khas Bandung – Peuyeum –

Peuyeum salah satu makanan khas kota Bandung yang sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Apa itu peuyeum?

Peuyeum merupakan makanan yang mirip dengan tape, namun perbedaannya adalah peuyeum ini lebih kering, dikarenakan cara pembuatannya sangat berbeda. Dalam penyajiannya, kamu dapat mencoba peuyeum dengan toping keju atau coklat dan kamu juga bisa mencoba variasi yang lainnya.

  1. Makanan Khas Bandung – Karedok –

Karedok merupakan makanan khas Bandung asli dari Indonesia. Bahan utama pembuatan karedok dari bahan-bahan sayuran mentah antara lain, ketimun, tauge, kol, kacang hijau, daun kemangi dan terong.

Untuk sausnya menggunakan bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasi.

  1. Makanan Khas Bandung – Es Goyobod –

Goyobod adalah minuman ala Priangan. Es goyobod ini merupakan olahan tepung sagu aren yang diolah seperti agar-agar. Dicampur dengan bahan tambahan seperti sekoteng, alpukat, yang dicampur dalam santan kelapa dan es serut dengan pemanis sirup gula dan susu kental manis serta roti manis yang jadi pelengkap es goyobod.

  1. Makanan Khas Bandung – Es Lilin –

Es lilin yang menjadi salah satu judul lagu Sunda ini merupakan es yang terbuat dari campuran santan, gula dan susu. Saat ini varian es lilin sudah memiliki berbagai macam varian rasa. Ada rasa strawberry, melon, bahkan leci.

Nah, itulah 6 Jajanan Lezat Khas Kota Bandung yang harus kamu coba jika berkunjung ke kota ini..Semoga bermanfaat..

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *