5 Tips Mengemudikan Mobil Di Musim Hujan

Musim hujan adalah musim yang ditunggu bagi kebanyakan orang setelah kemarau yang cukup panas. Bagi pengendara mobil tentunya ia harus mengetahui bagaimana cara ataupun tips dalam mengendari mobilnya. Mengendarai mobil tidak semudah dalam mengendarai sepeda motor, dan tentunya harus memahami tata caranya yang benar.  Seperti yang kita ketahui, banyak sekali kasus kecelakaan ketika musim hujan. Kasus-kasus tersebut yang paling sering adalah terpeleset atau selip ban karena jalanan yang licin, sehingga mobil susah dikontrol dan akhirnya terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, simak tips mengemudikan mobil di musim hujan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

  1. Kurangi kecepatan mobil anda

Ketika anda sedang mengemudikan mobil dan tiba-tiba turun hujan begitu deras, maka segeralah turunkan kecepatan mobil anda. Selain itu, anda juga harus menyalakan wiper dan lampu utama apabila hujan benar-benar lebat sehingga jarak pandang menjadi berkurang,  dan satu hal lagi yaitu nyalakan lampu hazard untuk memberi tahu posisi mobil anda kepada pengendara yang lain agar lebih jelas.

  1. Carilah jalus yang tidak tergenang air

Ketika hujan telah reda ataupun masih berlanjut, maka munculah genangan-genangan air. Pastikan anda memilih jalan yang tidak terdapat genangan air tersebut, karena yang ditakutkan adalah genangan tersebut diakibatkan oleh lubang. Banyak sekali kecelakaan yang diakibatkan karena lubang yang digenangi air tersebut, dan tidak jarang pula hingga cukup fatal. Selain itu, kotoran yang ada digenangan air juga dapat merusak  piringan rem dan beberapa komponen lainnya. Maka dari itu, usahakan hanya melewati jalan yang tidak digenangi air.

  1. Pastikan anda jaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan anda

Amati pergerakan mobil yang berada di depan anda. Dengan begitu anda bisa mengambil jarak aman antara mobil anda dengan mobil yang berada di depan anda. Selain itu, anda juga bisa mengetahui  jalan mana yang aman untuk dilintasi atau tidak mengambil jalan yang berlubang. Jarak yang aman adalah berkisar 8 hingga 10 meter.

  1. Hindari penggunaan rem secara mendadak

Selain berbahaya, bisa jadi ban mobil anda menjadi selip dan mobil anda akan meluncur tanpa terkendali karena licinnya jalan. Oleh karena itu, anda hanya perlu melepaskan pedal gas.

  1. Genggam kemudi

Ketika anda melewati genagan ataupun lubang maka genggamlah kemudi dengan erat. Ini karena berguna untuk mencegah aquaplanning yaitu arah mobil dapat berubah yang disebabkan karena kehilangan traksi.

Itulah kelima tips dalam mengemudikan mobil di musim hujan. Kecepatan normal mobil ketika sedang hujan cukup deras berkisar 10 hingga 40 KM/jam. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan sabuk keselamatan atau sabuk pengaman guna lebih menjamin keselamatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *