5 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Purwakarta Jawabarat

Suarabandung.com – Jika anda ingin berlibur bersama teman, keluarga atau bersama pasangan tercinta. Anda dapat mengujungi tempat wisata yang berada di Purwakarta. Tentu tempat ini menyuguhkan berbagai penawaran menarik, mulai dari air terjun, waduk, sejarah, air mancur. Selain tempat berwisata terdapat berbagai wisata kuliner yang berada di Purwakarta.

Purwakarta berada di Jawa Barat dan berjarak ±80 km dari Kota Jakarta. Akses menuju beberapa obyek wisata pun terbilang sangat mudah dilalui. Karena kota Purwakarta ini sudah dilintasi dengan jalan tol, yaitu tol Purbaleunyi.
Namun jangan salah ucapkan Purwakarta dengan Purwokerto ya. Mungkin pelafalan kata hampir sama, karena Purwokerto berada di Jawa Tengah dan cukup jauh dari Purwakarta. Tentu saja sangat berbeda bukan.

Nah, berikut beberapa tempat wisata yang berada di Purwakarta. Yuk kita simak !

  1. Waduk Cirata

Gambar terkait

Waduk Cirata

Waduk Cirata ini merupakan kunjungan utama para wisatawan. Luas 43 ribu hektar dengan hawa yang sangat sejuk serta pemandangan yang terbilang alami . Waduk Cirata merupakan aliran dari Sungai Citarum. Sebenarnya waduk ini terletak di tiga kabupaten, kabupaten Bandung, kabupaten Purwakarta dan kabupaten Cianjur.

Waduk ini sangatlah ramai saat musim liburan tiba. Apabila Anda ingin berlibur ke Waduk Cirata dan menginginkan nuansa yang lebih rileks, tidak usah sungkan untuk datang pada musim liburan ya. Satu hal yang perlu anda ingat, karena jalan menuju Waduk Cirata rusak dihimbau untuk lebih berhati-hati saat melewatinya.

  1. Situ Wanayasa

Gambar terkait

Situ Wanayasa

Tempat menarik yang satu ini adalah Situ Wanayasa terletak di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Situ Wanayasa atau Danau Wanayasa memiliki luas ±7 hektar dengan ketinggian 600 m DPL. Berlatar belakang pegunungan Burangrang. Keunikan dari Situ Wanayasa ini karena terdapat pulau di tengah danau. Dalam pulau tersebut terdapat makam RA. Suriawinati, pendiri kota Purwakarta sekaligus Bupati Karawang ke-9 dan meninggal pada tahun 1927.

Di Situ Wanayasa ini juga terdapat wahana permainan kapal bebek kayuh jika anda tertarik dan berkeinginan untuk berjalan-jalan menikmati danau di atas air atau hanya sekedar mengambil beberapa foto silahkan abadikan ditempat ini ya. Dan biasanya para penduduk disini menggunakannya untuk ber jogging.

  1. Jatiluhur Water World

Gambar terkait

Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World (JWW) ini terletak di kompleks Waduk Jatiluhur. Dari namanya saja nih sudah ada kata ‘Water’ maka di JWW ini. Anda dapat menemui banyak wahana di dalam kolam renang loh. Tiket masuk ke JWW  sangat bervariasi. Apabila Anda kesana pada hari biasa maka cukup membayar sebesar Rp 62.000,-/orang. Berbeda jika anda kesana pada saat hari libur anda cukup membayar sekitar Rp 65.000,-/orang. Namun apabila Anda ke JWW pada saat libur besar maka anda harus membayar dengan tarif Rp 70.000,-/orang.

Nah, JWW ini hanya berisi 2 kolam renang untuk dewasa dan 3 kolam renang untuk anak. Kamar mandi yang disediakan pun cukup banyak, jadi Anda tak perlu mengantri lagi.

Jika anak-anak yang ingin berenang namun lupa membawa pelampung, di sini JWW  menyediakan penyewaan pelampung untuk anak-anak dengan harga Rp 5.000-/anak.

Pengunjung pun diperbolehkan untuk membawa makanan dari luar tetapi setelah makan jangan lupa menjaga kebersihan ya. Jika anda tidak membawa makanan dari luar, disana juga terdapat penjual makanan dan minuman ringan maupun berat. Selamat berkunjung..

  1. Situ Buleud

Gambar terkait

Sri Baduga

Tahukah anda ? Danau Situ Buleud yang di tengah-tengahnya terdapat Air Mancur bernama Sri Baduga. Ya wahana baru ini merupakan wahana yang terdapat di Purwakarta sudah ada sejak tahun 2014 dan diresmikan pembukaannya. Air Mancur ini dilengkapi dengan unsur light effect dan api yang berada di atas air, yang menjadi keunikan air mancur ini karena merupakan air mancur terbesar se-Asia Tenggara loh. Dengan disuguhi penampilan yang tak kalah indah dengan Wings of Time di Singapura. Jadi tunggu apalagi, ayo nikmati atraksi air mancur yang indah, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup datang ke Purwakarta di Jawa Barat saja. Jangan sampai ketinggalan ya ..

  1. Wisata Kuliner Sate Maranggi

Gambar terkait

Sate Maranggi

Setelah kita membahas mengenai berbagai tempat wisata di Purwakarta. Saatnya untuk kita membahas mengenai kuliner khas Purwakarta yang tak pernah sepi oleh pengunjung pastinya. Tempat kuliner kali ini bernama Sate Maranggi, berada di Jl. Cibungur Purwakarta. Sate yang berisi daging sapi ini. Secara tampilan memang tak ada bedanya dengan sate pada umumnya. Namun, setelah Anda mencobanya maka Anda akan merasa ketagihan dengan cita rasanya. Dilengkapi juga dengan sambal tomat yang super pedas. Sangat cocok untuk anda pecinta makanan pedas. Selain sate daging sapi, di Sate Maranggi ini  juga terdapat Sate kambing. Anda cukup merogoh kantong sebesar Rp 30.000,- per 10 tusuk maka anda akan menikmati kelezatan yang khas di tempat kuliner Sate Maranggi ini.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *