5 Tempat Wisata di Aceh

Serambi Mekah merupakan julukan lain dari Provinsi Aceh. Provinsi ini terletak di ujung pulau Sumatera yang di mana memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa, yang dimulai dari keindahan pantai hingga pegunungannya. Seperti yang kita ketahui, provinsi ini pernah mengalami kerusakan yang sangat parah karena diterjang oleh ombak tsunami pada sekitaran tahu 2004. Namun, berkat perjuangan yang tidak mengenal lelah, Aceh dapat bangkit dari bencana yang menimpannya tersebut, dan mulai kembali mengatur pariwisatanya dengan cukup baik.  Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 tempat wisata di Aceh yang wajib untuk dikunjungi.

  1. Air Terjun Blang Kolam

Air terjun merupakan keajaiban yang dibuat  oleh alam yanga cukup  megah dan indah. Oleh karena itu, tempat wisata alam yang satu ini wajib Anda kunjungi ketika berada di Aceh, yakni Air Terjun Blang Kolam. Air terjun tersebut berada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara. Untuk menuju ke lokasi air terjun tersebut, maka Anda dapat menempuhnya melalui Lhokseumawe dan hanya membutuhkan waktu selama 30 menit saja.

air terjun blang kolam merantauindo.blogspot.co.id

Ketika Anda berada di tempat wisata tersebut maka Anda akan disajikan oleh sepasang air terjun kembar yang memiliki tinggi 75 Meter. Air terjun ini dikelilingi oleh pohon yang rindang sehingga membuat suasana semakin nyaman dan menyenangkan. Selain itu, jika Anda gemar sekali berkemah maka Anda juga dapat mendirikan tenda di tempat wisata alam ini. Namun, jangan lupa utnuk mempersiapkan uang Rp. 5.000 untuk membayar tiket masuknya.

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid ini merupakan ikon dari Kota Aceh. Masjid ini  menjadi lebih terkenal, karena disaat ombak tsunami menerjang Provinsi Aceh,  masjid ini masih tetap berdiri dengan megahnya. Masjid ini memiliki dinding berwarna putih dan berkubah hitam, serta dikelilingi dengan tujuh menara. Selain itu, di bagian depan masjid ini terdapat kolam yang cukup besar sehingga cukup mirip dengan Taj Mahal yang ada di India.

masjid-baiturrahman-aceh sumber klikkabar.com

  1. Pantai Lhoknga

Wisata pantai di Aceh cukup banyak, salah satunya adalah pantai ini. Lokasi pantai ini hanya sejauh 20 Km dari pusat kota, yaitu Banda Aceh. Di pantai ini, Anda dapat melakukan beberapa kegiatan seperti, bermain air, bermain selancar, bermain voli, ataupun hanya sekedar menikmati udara pantai untuk menghilangkan penat setelah bekerja. Selain itu, jangan lupa juga untuk melihat matahari terbenam yang sangat cantik dari pantai ini.

pantai lhoknga sumber jkttimes.blogspot.co.id

  1. Air Terjun Suhom

Air terjun setinggi 50 Meter ini terletak di Desa Suhom, yaitu di Kecamatan Lhoong di Kabupaten Aceh Besar.Untuk menuju tempat wisata alam ini, Anda harus melewati jalanan yang sedikit susah, namun perjalanan tersebut tidak akan membosankan karena Anda akan disuguhi oleh pemandangan dari pegunungan Paro dan Kulu.  Selain itu, terdapat banyak sekali monyet yang berkeliaran di jalan dan tentunya ini akan menjadi hiburan tersendiri bagi Anda.

Air Terjun Suhom sumber statusaceh.net

  1. Museum Tsunami

Bencana tsunami yang menerjang Aceh memang meninggalkan kenangan yang amat teramat pahit. Oleh karena itu, untuk menghormati semua korban yang meninggal, dibangunlah Musem Tsunami yang terletak di Jalan Sultan IskAndar Muda. Museum ini dibangun pada tahun 2009, yang berisi semua hal yang berkaitan dengan bencana yang memporak-porandakan provinsi tersebut.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/11/27/56193-0_663_382.jpg

Itulah 5 tempat wisata di Aceh yang wajib Anda kunjungi. Pastikan, Anda mengatur waktu agar kelima tempat wisata alam di Aceh tersebut dapat Anda kunjungi semua. Namun, sebenarnya di Aceh masih banyak sekali tempat-tempat yang indah, akan tetapi Anda dapat mengunjungi kelima tempat yang telah disebutkan diatas terlebih dahulu.

bacajuga : Wisata Eksotis di Bandung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *