5 Perawatan yang Benar Untuk Bayi Baru Lahir

Suarabandung.com – Suasana rumah pastinya menjadi lebih hangat dengan kehadiran sang bayi yang baru lahir. Ketahui cara perawatan yang benar agar bayi anda  menjadi bayi yang ceria.

1. Menyusui

Lapar merupakan penyebab utama bayi anda menangis. Dengan menawari bayi menyusui adalah cara yang efektif untuk menghentikan tangisnya, itu artinya anda harus menyusui bayi sesering mungkin; pagi, siang, sore dan malam. Mengapa bayi terus menyusui? Ini karena, rasa lapar adalah sensasi baru baginya. Di rahim ibu bayi terbiasa  menerima asupan makanan terus-menerus dari plasenta, sehingga tidak pernah merasa lapar.

  1. Waktu BAB

Sering buang air adalah  hal yang baik, pertanda bayi cukup makan. Jangan tunda mengganti popoknya, agar bayi tidak menangis karena basah dan tidak nyaman. Sebaiknya amati air seni dan fesesnya karena keduanya bisa menjadi alat ukur kondisi bayi, misalnya, air seni yang terlalu kuning  menandakan bayi kurang cairan

Feses bayi yang mendapat ASI ekslusif lebih lunak dan tidak  terlalu berbau. Kemudian setelah bayi pipis atau BAB, segera bersihkan alat kelaminnya. Bubuhi bokong dan selangkangannya dengan krim untuk menghindari ruam popok.

  1. Baby Dress Code

Bayi yang baru lahir harus dibedong sepanjang hari? Apa betul bajunya harus berlapis-lapis dan selalu pakai selimut? Iklim tropis sebenarnya tidak cocok dengan pakaian bayi yang berlapis – lapis.

Saat udara panas dan bayi berada di ruangan non-AC, cek belakang leher bayi, jika terasa panas dan lembab, berarti bayi kegerahan. Jika demikian, singkirkan alas tidurnya dan ganti bajunya dengan yang lebih ringan.

Pastikan pakaian bayi terbuat dari bahan alami, seperti katun 100%, yang menyerap keringat, mudah dicuci dan disetrika. Panduan berbusana untuk bepergian lain lagi. Kenakan mantel atau cardigan, kaos kaki, sepatu dan topi pada bayi untuk mencegah masuk angin.

  1. Kosmetika Bayi

Kosmetika bayi memang beragam, ada baby bath, baby shampoo, baby oil,  baby lotion, baby powder, baby cream, baby cologne dan hair lotion. Sebenarnya tidak semuanya dibutuhkan oleh bayi, jadi bijaksanalah dalam memilih. Apa pun  mereknya, gunakan produk yang sudah teruji secara klinis atau Clinical Proven Mild(CMP). Jika bayi bereaksi negatif saat dipakaikan kosmetika tertentu, misalnya timbul bercak-bercak merah di kulit, maka kemungkinan ia alergi pada kandungan kosmetika tersebut. Segera hentikan pemakaian.

  1. Kegiatan yang Dibenci Bayi.

Bayi tidak suka dengan lepas-pakai baju,  mandi, keramas, diberi obat tetes mata dan tetes hidung hidung. Nah, solusinya lakukan kegiatan ini dengan cepat, namun tetap hati-hati. Alihkan perhatian bayi dengan mengajaknya bercakap-cakap, memberi pelukan dan ciuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *