5 Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

Suarabandung.com – Gula aren adalah salah satu jenis gula alami yang dibuat menggunakan bahan alami dari buah aren.Gula aren ini menjadi salah satu bahan dasar dalam pembuatan jenis makanan dan minuman di Indonesia.

Gula aren selama ini dikenal sebagai pemanis alami karena memang berasal dari bahan alami dan aman dikonsumsi oleh tubuh. Selain mempunyai rasa yang manis dan legit. Gula aren rendah kalori sehingga tidak menyebabkan obesitas.

Berikut manfaat gula aren.

Mengobati maag

Maag merupakan sebuah gejala yang terjadi di bagian lambung, dimana kondisinya lambung mengalami luka pada dinding lambung. Penyebab utamanya adalah karena gaya hidup yang kurang baik, sepert berlebihan dalam konsumsi lada, ataupun konsumsi makanan yang terlalu asam.

Mengkonsumsi gula aren ternyata dipercaya mampu mengatasi penyakit maag, hal itu karena terdapat kandungan seperti makro dan mikronutrien.

Penambah tenaga

Meskipun memiliki kalori yang tidak tinggi, gula aren tetap dapat memberikan tenaga dan energi yang mencukupi.Tidak sedikit pendaki gunung yang membawa bekal berupa gula aren untuk menambah energi dan tenaga, dimana mendaki gunung sangat melelahkan.

Dengan konsumsi gula aren, juga mampu meningkatkan daya tahan atau stamina tubuh.

Mencegah anemia

Gula aren mampu mencegah terjadinya anemia, hal ini karena di dalam gula aren terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi, yang manfaatnya dapat mencegah kekurangan darah (anemia).

Kandungan zat besi mempunyai kemampuan untuk meningkatkan produksi sel-sel darah merah, sehingga dapat mengobati dan mencegah penyakit anemia.

Sumber antioksidan

Dalam gula aren terdapat kandungan antioksidan dalam jumlah yang tinggi, manfaatnya untuk menangkal radikal bebas, guna melindungi tubuh dari ancaman penyakit berbahaya akibat radikal bebas, seperti kanker kulit.

Mengobati sariawan

Kandungan niacin memiliki manfaat tersendiri untuk mengobati sariawan. Untuk melakukannya, anda hanya perlu menempelkan gula aren di bagian mulut yang mengalami sariawan.

Konsumsilah gula merah selama total kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan (tidak melebihi total asupan kebutuhan kalori harian tubuh anda).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *