5 Makanan Mengandung Zat Besi yang Cukup Tinggi

Suarabandung.com – Zat besi (Fe) merupakan salah satu jenis mineral berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh organ tubuh. Zat besi bisa di ibaratkan seperti kendaraan yang membawa bahan baku untuk setiap organ dalam menjalankan fungsinya (metabolisme organ).

Kebutuhan zat besi dalam tubuh memang harus selalu terpenuhi. Salah satu cara pemenuhannya melalui pemilihan jenis makanan yang kaya akan zat besi. Berikut pemaparannya.

Tempe kacang kedelai murni

Tempe tentu memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sekitar 10 mg zat besi dapat diperoleh dari dua potong sedang tempe. Tempe yang dimaksud adalah yang terbuat dari kacang kedelai murni ya (bukan campuran kacang selain kedelai).

Kacang kedelai

Kacang kedelai dalam bentuk kering mengandung 8 mg zat besi. Kandungan ini dapat diperoleh dari 10 sendok makan kacang kedelai.

Hati sapi

Hati sapi merupakan bahan makanan yang sudah terkenal akan kandungan zat besinya. Sebanyak 6,6 mg zat besi dapat diperoleh dari 3-4 potong sedang hati sapi.

Baca juga : Atasi Diabetes dengan Tepung Kelapa

Kacang hijau

Kacang hijau terbukti memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Pada 10 sendok makan kacang hijau terdapat 6,7 mg zat besi.

 Udang

Udang juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dalam 10 ekor udang ukuran sedang dapat diperoleh 8 mg kandungan zat besi.

Kandungan yang kaya akan zat besi membuat kebutuhan tubuh pun akan terpenuhi sehingga tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: