5 Cara Mengatasi Insomnia

Suarabandung.com – Insomnia merupakan gangguan sulit tidur di malam hari. Seseorang yang mengalami insomnia ini biasanya memiliki siklus tidur yang tidak teratur. Karena insomnia ini lah, banyak orang yang rentan terhadap serangan penyakit.

Insomnia disebabkan karena stress atau kekhawatiran yang berlebih, salah mengkonsumsi obat, terlalu banyak tidur siang, sering mengkonsumsi makanan/minuman stimulan. Mengatasi insomnia sebenarnya mudah. Namun, harus dilakukan dengan konsisten dan bersungguh – sungguh.

Berikut 5 cara mengatasi insomnia.

  1. Kurangi cahaya berlebih

Menurut salah satu jurnal kesehatan Amerika Serikat, sekitar 40 % penduduk negara tersebut mengalami susah tidur akibat gemerlap lampu. Bahkan survey menyebutkan 10 % orang yang tidur dengan lampu menyala, mereka akan lebih beresiko terkena penyakit tertentu. Maka dari itu mengurangi cahaya lampu dapat mengatasi insomnia dengan efektif.

  1. Memilih warna dekorasi yang tepat

Warna dekorasi menjadi peranan penting dalam psikologis seseorang. Seseorang akan merasa nyaman dan tenang jika berada dalam ruangan yang sesuai dengan warna yang mereka sukai.

  1. Tidak makan sebelum tidur

Ketika makanan yang anda konsumsi masuk kedalam tubuh, perut akan lebih aktif dalam mencerna makanan tersebut. Sehingga munculah gejala insomnia atau sulit tidur. Ada baiknya hindari makan minimal 60 menit sebelum tidur malam. Sebagai gantinya, silahkan minum air putih secukupnya.

  1. Alat elektronik

Sering kali kita meletakan beberapa peralatan elektronik di dalam kamar tidur. Seperti contohnya televise dan computer. Meskipun tidak dinyalakan, alat elektronik ini tetap saja menyebabkan gangguan susah tidur di malam hari. Gadget atau ponsel juga harus segera anda pindahkan. Keberadaan ponsel sangatlah menganggu, sebab radiasi dalam ponsel tidak baik bagi kesehatan otak. Akan memicu anda sulit tidur.

  1. Hindari mengkonsumsi kafein

Kopi sangat tidak baik bagi kualitas tidur anda, sebab dalam kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita mengalami susah tidur. Terutama untuk jenis kopi hitam. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi kopi. Minimal hindari meminum kopi sekitar 5 jam sebelum anda tidur pada malam harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *