4 Penyebab Bayi Tak Mau Menyusui

ASI adalah makanan utama dan terbaik bagi bayi. Bahkan WHO menyarankan agar ibu memberi ASI eksklusif pada 6 bulan pertama kehidupan bayi selain untuk mencukupi kebutuhan gizinya, ASI juga meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Lalu bagaimana jika bayi tiba-tiba tak mau menyusui? Berikut beberapa penyebab mengapa bayi tidak mau menyusui.

  1. Posisi menyusui kurang tepat atau kurang nyaman

Posisi menyusuibisa saja memengaruhi kenyamanan untuk sang bayi. Apalagi menyusui dapat berlangsung dalam waktu yang lama. Jika bayi tidak nyaman, umumnya ia akan enggan untuk menyusu dan juga rewel.

Perhatikan posisi kepala bayi, kaki dan tangannya agar cukup nyaman saat menyusui.

  1. Tidak enak badan

Bayi yang tidak enak badan biasannya disebabkan karena tumbuh gigi atau hidung bayi tersumbat, pilek dan sariawan dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan enggan untuk menyusui. Jika begitu, gunakanlah sendok atau cup feeder saat akan memberikan ASI untuk si kecil.

  1. Perubahan aroma tubuh ibu

Bisa jadi si kecil tidak menyukai parfum atau sabun yang baru saja ibu pakai. Makanan yang anda konsumsi juga dapat menyebabkan perubahan aroma tubuh yang mungkin membuat bayi enggan untuk menyusui. Baca juga : Tips Bangun Saat Sahur Tidak Terlambat

  1. Perubahan produksi ASI

ASI ibu yang menurun juga dapat menyebabkan si kecil enggan untuk menyusui. Aliran ASI yang menurun membuat bayi tidak sabar hingga mogok minum ASI. Jika terjadi masalah tersebut, anda bisa memberikan ASI dengan menggunakan botol sehingga aliran ASI yang diterima bayi dapat lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: