4 Makanan untuk Atasi Diare

Suarabandung.com – Menurut dr. Anita Amalia Sari, yang menjadi penyebab terjadinya diare yaitu infeksi virus, bakteri maupun parasit. Pada kasus yang tidak parah, penderita diare sebenarnya tidak perlu mengonsumsi obat-obatan khusus untuk membantu mengatasi keluhan.

Diare juga dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Pisang

Selain rasanya yang enak ternyata buah yang satu ini dapat membantu mengatasi keluhan diare. Ini karena pisang sangat mudah dicerna, sehingga sangat baik untuk ‘menenangkan’ sistem pencernaan.

Pisang juga kaya akan pektin, yaitu serat larut yang membantu menyerap cairan di usus dan merangsang gerak isi perut. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi keluhan diare maupun sembelit.

Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yaitu bakteri baik yang membantu tubuh mengurangi dan menghambat perkembangan bakteri jahat dalam saluran pencerna. Susunan bakteri yang ada dalam usus akan menjadi lebih baik, sehingga keluhan diare dapat berkurang. Baca juga : Pewarna Makanan Bunga dari Tanaman Kenikir

Wortel

Wortel sangat baik untuk menunjang kesehatan sistem pencernaan Anda. Vitamin yang ada dalam wortel dapat membantu mengembalikan fungsi usus yang kacau akibat diare.

Nasi putih

Makanan pokok Indonesia ini merupakan sumber kabohidrat yang mudah dicerna, dapat membantu proses pembentukan serta pemadatan feses dalam usus. Maka nasi putih dapat membantu mengurangi keluhan diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: