4 Cara Atasi Asam Lambung Naik

Suarabandung.com – Asam lambung bisa saja naik karena jika terlambat makan, kelebihan berat badan, dan juga kehamilan. Asam lambung biasanya menyebabkan mual, nyeri ulu hati yang sangat besar, rasa terbakar di dada, dan rasa asam dalam mulut.

Jika asam lambung terjadi berulang-ulang tentu aktivitas akan terganggu sehingga pencegahan pun harus dilakukan.

  1. Minum air putih yang cukup

Kadar pH yang seimbang membantu sistem pencernaan berjalan dengan lancar dan cepat. Untuk menyeimbangkan salur pencernaan, air putih yaitu minuman yang tepat dibandingkan dengan susu. Minuman ini juga membantu menurunkan dehidrasi tubuh sehingga proses pencernaan pun tidak terganggu.

  1. Mengunyah permen karet

Mulut akan terangsang untuk terus mengeluarkan air liur. Dampaknya, asam yang terakumulasi di perut akan tercuci dengan cepat. Air liur ini juga mengurangi risiko naiknya asam lambung ke tenggorokan dan menyebabkan rasa nyeri dan panas di area tersebut dan dada. Baca juga : Saat Akan Bepergian Dengan Pesawat, Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Minuman Ini

  1. Menarik napas dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam, kadar udara dalam tubuh dapat dikontrol dengan cukup baik. Kadar udara ini menguatkan otot di bawah tenggorokan sehingga peluang asam lambung naik akan kecil.

  1. Pantang mengonsumsi makanan tertentu

Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang memicu asam lambung naik seperti kopi, soda, alkohol, makanan berlemak, dan sesuatu yang pedas. Lebih baik mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri agar tahu bahan dan kandungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: