3 Masalah Yang Sering Terjadi Saat Menyusui

Asi adalah minuman/makanan satu satu nya untuk bayi 0-6 bulan. Oleh karena itu bunda harus mempersiapkan kondisi fisik maupun mental. Asi biasanya akan muncul pada 3 hari setelah melahirkan bahkan ada juga yang semenjak hamil asi sudah keluar.

Pada awal menyusi pastinya banyak kesulitan yang akan di rasakan oleh bunda, diantaranya lecet pada puting, payudara terasa penuh dan bisa juga bunda akan mersa meriang pada saat Asi tersumbat.

Berikut beberapa kendala saat menyusui.

  1. Puting luka/lecet : Awal menyusi banyak bunda yang mengeluhkan puting lecet. Biasanya terjadi karena posisi yang tidak benar tapi ingat air liur bayi adalah obat yang mujarab maka tetap susui bayi agar rasa sakit cepat hilang bisa juga bunda mengoleskan asi ke bagian yang lecet.
  2. Asi terasa penuh pada payudara : Biasanya ini terjadi karena bunda telat memberi asi. Asi akan memproduksi sendiri sesuai kebutuhan bayi. Apabila asi penuh bayi pun akan sulit menghisapnya oleh karena itu kompreslah payudara dengan air hangat dan keluarkan asi sebelum diberikan kepada bayi.
  3. Infeksi/Mastitis : Keadaan ini adalah dimana tersumbatnya asi dan menjadi infeski/peradangan. Biasanya bunda akan merasakan demam maka segera ke dokter karena biasanya dokter akan memberikan antibiotik pereda nyeri. Tetap berikan ASI kepada bayi untuk pengosongan asi.

Demikian 3 kendala yang sering di rasakan ibu menyusi, Ingat untuk tidak berhenti memberikan asi pada bayi.

salam 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *